DIAGNOSIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM PROSES PEMBUKTIAN BERDASARKAN NEWMANN ERROR ANALYSIS

Arta Ekayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri euclide khususnya pada kasus pembuktian. Analisis yang digunakan berdasarkan pada Newmann Error Analysis yang meliputi reading error, comprehension error, transformation error, process skill error dan encoding error. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang sedang menempuh mata kuliah geometri euclide pada semester ganjil tahun akademik 2016/2017. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis dilakukan dengan menganalisis hasil tes kemudian wawancara dengan beberapa mahasiswa dengan tipe kesalahan yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan mahasiswa terletak pada kesalahan teori/konsep dasar serta ketidaklengkapan justifikasi pada setiap langkah yang digunakan dalam pembuktian.


This research aim to analyse the student error, when they solve the problems of euclidean geometry especially proofs. That is based on Newmann Error Analysis, such as error reading, error comprehension, error transformation, error skill process and error encoding. This research was conducted toward the student of Mathematic Department, Teacher Training and Education Faculty, Muhammadiyah University of Ponorogo who studied euclidean geometry in 2016/2017. This research was descriptive research with qualitative approach. Documentation method, interview and test was used to gathering data. The analysis process had been doing by analysed the student result test, and then interviewed with some student with different error type. The result of this research was misconception of previous concept and incompletely the justification of every proofs step.


Keywords


Error diagnostic; Proofs; Euclidean Geometry; Newmann Error Analysis; Diagnosis Kesalahan; Pembuktian; Geometri Euclide; Newmann Error Analysis

Full Text:

PDF

References


Ekayanti, Arta. 2016. The Analysis of College Students’ Difficulties in Producing Proofs. Proceedings of International Seminar on Education. Teacher Training and Education Faculty, Muhammadiyah University of Ponorogo.

Iman, A.N, Toto N, Dwiyana, 2016. Diagnosis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Negeri Candipuro pada Materi Penerapan Turunan Fungsi. Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya 2016. Universitas Negeri Malang, Malang.

Imswatama, A dan Nur’aini Muhassanah, 2015. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Lingkaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. UNY Yogyakarta.

Lexy J Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Stavrou, Stavros Georgios. 2014. Common Errors and Misconceptions in Mathematical Proving by Education Undergraduates. IUMPST: The Journal. Vol 1 (Content Knowledge), March 2014 [www.k-12prep.math.ttu.edu] ISSN 2165-7874.

Stefanowich, Agata. 2014. Proofs and Mathematical Reasoning. University of Brimingham.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats