PROFIL PEMAHAMAN KONSEP NILAI TEMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN 133 TAKALALA SOPPENG

Andi Yunarni Yusri, Miftah Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemahaman siswa dari notasi aljabar pada melalui kemampuan. Pemahaman dalam penelitian ini berarti kemampuan untuk menerjemahkan (terjemahan), kemampuan untuk menafsirkan (interpretasi), dan kemampuan untuk ekstrapolasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah empat siswa kelas lima di SD, terdiri dari dua siswa dengan kemampuan verbal yang tinggi disebut sebagai subyek tinggi verbal (SVT), 1 siswa dengan mata pelajaran lisan menengah (SVS), dan satu siswa dengan mata pelajaran lisan rendah ( SVR). Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tentang notasi aljabar berdasarkan kemampuan verbal mereka dalam terjemahan, interpretasi, dan ekstrapolasi. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara berdasarkan tes-dengan subyek penelitian. The dara penelitian divalidasi dengan melakukan metode triangulasi item, yaitu menggunakan pertanyaan wawancara utama sebagai pertanyaan dinyatakan dalam tPNA. Data penelitian dianalisis oleh (a) mempelajari subyek data dan diwawancarai Membandingkan data untuk Mendapatkan satu valid, (b) melakukan reduksi data dengan membuat abstraksi, (c) mengklasifikasikan dan mengidentifikasi data adalah untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman notasi aljabar dari pelajaran lisan tinggi (SVT): (a) pemahaman tentang simbol termasuk dalam pemahaman yang menerjemahkan (terjemahan), (b) memahami konsep simbol tapi Blum adalah mampu pemadam antara simbol dan variabel, (c) mampu menafsirkan makna aljabar notasi (simbol dan tanda-tanda) baik; (2) pemahaman notasi algberaic pelajaran lisan menengah (SVS): (a) pemahaman tentang simbol termasuk dalam pemahaman yang menerjemahkan (terjemahan), (b) Mengakui simbol tapi belum Mampu memadamkan simbol dan variabel, (c) adalah Mampu menginterpretasikan arti dari aljabar notasi (simbol dan tanda-tanda) baik; (3) pemahaman notasi aljabar dari pelajaran lisan rendah (SVR): (a) pemahaman tentang simbol termasuk dalam pemahaman yang menerjemahkan (terjemahan), (b) Mengakui simbol tapi belum Mampu memadamkan simbol dan variabel, (c) belum mampu menafsirkan makna aljabar notasi (simbol, variabel, dan tanda) dengan baik.


The purpose of the study is to describe the students’ understanding on algebraic notation through abilities. The understanding in this study means the ability to translate (translation), the ability to interpret (interpretation), and the ability to extrapolate (extrapolation). This study is a qualitative research. The subjects of this study are 4 fifth grade students in elementary school, consisted of 2 students with high verbal ability called as high verbal subject (SVT), 1 student with medium verbal subject (SVS), and 1 student with low verbal subject (SVR). The focus of this research is to describe the students’ understanding on algebraic notation based on their verbal abilities in translation, interpretation, and extrapolation. The data were collected by conducting test-based interview to the research subjects. The research dara were validated by conducting triangulation method, namely interview using major questions as the questions stated in TPNA. Research data were analyzed by (a) studying the subject data and comparing interviewed data to obtain the valid one, (b) conducting data reduction by making the abstraction, (c) classifying and identifying the data to draw the conclusion. The results of the study reveals that (1) the understanding of algebraic notation of high verbal subject (SVT): (a) understanding of the symbols included in the comprehension translate (translation), (b) understand the concept of the symbol but Blum was able to distinguish between symbols and variables, ( c) able to interpret the meaning of algebraic notation (symbols and signs) well; (2) the understanding of algebraic notation of medium verbal subject (SVS): (a) understanding of the symbols included in the comprehension translate (translation), (b) recognize symbols but have not been able to distinguish the symbols and variables, (c) is able to interpret the meaning of the notation algebra (symbols and signs) well; (3) the understanding of algebraic notation of low verbal subject (SVR): (a) understanding of the symbols included in the comprehension translate (translation), (b) recognize symbols but have not been able to distinguish the symbols and variables, (c) has not been able to interpret the meaning of algebraic notation (symbol, variable, and marks) well.


Keywords


Understanding the Algebraic Notation; Algebraic Notation; Verbal Ability; Memahami Notasi Aljabar; Aljabar Notasi; Kemampuan Verbal

Full Text:

PDF

References


Afrilianto, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thingking. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STIKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.2, September 2012.

Brown, P., Evan, M., Hunt, D., McIntosh, J., Pender, B., Ramagge, J. 2011. Counting and Place Value. AMSI.

Budi, T.S. 2010. Peningkatan Kemampuan Memahami Nilai Tempat dengan Media Abacus pada Siswa Kelas II SD Negeri Bukuran 2 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen TP 2009/2010. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Chan, W.W.L., Au, T.K., Tang, J. 2014. Strategic Counting: A Novel Assessment of Place-Value Understanding. Learning and instruction, 29, 78-94. http://dx.doi.org/10.1016/j.learninstruc.2013.09.001.

Cooper, L.L., & Tomayko, M.C. 2011. Exploring Ancient Numbers Helps Students Focus on the Structure and Properties of Our Hindu-Arabic System. NCTM.

Depdikbud. 1993. Kurikulum 1994 Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud

Depdiknas. 2005. Undang-Undang Sisdiknas 2003 (UU RI No. 20 tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Ell, F. (2001). Strategies and thinking about number in children aged 9-11. Technical Report 17, University of Auckland, Auckland, NZ.

Fuson, K. C., Wearne, D., Hiebert, J., Murray, H. G., Human, P. G., Olivier, A. I., et al. (1997). Children’s conceptual structures for multidigit numbers and methods of multidigit addition and subtraction. Journal of Research in Mathematics Education, 28, 130e162.

Ho, C. S. H., & Cheng, F. S. F. (1997). Training in place-value concepts improves children’s addition skills. Contemporary Educational Psychology, 22, 495e506. http://dx.doi.org/10.1006/ceps.1997.0947.

Kersaint, G., Thompson, D. R., & Petkova, M. 2009. Teaching Mathematics to English Language Learners. New York: Routledge.

Matitaputty, C., Indra P.R.I., and Hartono, Y. (2013) Pembelajaran Nilai Tempat Menggunakan Kegitan Bertukar Biota Laut Kelas II Sekolah Dasar. EDUMAT Jurnal Edukasi Matematika, 4 (7). pp. 439-450. ISSN 2087-0523

McGuire, P., Kinzie, M.B., Kilday, C.R., & Whittaker, J.E.V. 2010. Children’s Understanding of Two-Digit Place Value: A Place for Place Value in Pre-K. University of Virginia.

Price, P.S. 2001. The Development of Year 3 Students’ Place-Value Understanding: Representations and Concepts. Queensland University of Technology.

Puskur. (2002). Kurikulum dan Hasil Belajar: Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Balitbang Widyantini.

Rafianti, Isna (2013) Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep, Penalaran Matematis dan Self-Confidence Siswa MTs. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Resnick, L. (1983). A developmental theory of number understanding. In H. Ginsburg (Ed.), The development of mathematical thinking (pp. 109e151). London: Academic Press.

Rosmawati, R. 2013. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP pada TIMSS 2011. (Online). Diakses dari: (http://staff.uny.ac.id/ sites/default/files/penelitian/R.%20Rosnawati,%20Dra.%20M.Si./Makalah%20Semnas%202013%20an%20R%20Rosnawati%20FMIPA%20UNY.pdf.)

Sabri. 2011. Diagram V: Perangkat Metakognisi untuk Penyelesaian Masalah Matematika. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Skemp, R. 1987. The Psychology of Learning Mathematics. Expanded American Edition. New Jersey: Lawrence Elbaum Associates. Publishers.

Skemp, R. 2005. Relational Understanding and Instrumental Understanding. http://www.blog.republicofmath.com/archives/654. Diakses, 18 November 2011.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Suherman, Erman. 1993. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka. Depdikbud.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujalmo, N dan Budiarto, M.T. 2013. Profil pemahaman siswa terhadap simbol, huruf, dan tanda pada aljabar ditinjau dari kemampuan matematika siswa dan fungsi kognitif rigorous mathematical thingking (RMC). http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/3892.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Thouless, H.R. 2014. Whole Number Place-Value Understanding of Students with Learning Disabilities. Unpublished Dissertation. Washington: University of Washington.

Usman, R. 2013. Meningkatkan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas II SDN 1 Molui Kecamatan Kwadang Kabupatern Gorontalo Utara. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Wang, Y. and D. Gafurov (2010), The Cognitive Process of Comprehension: A Formal Description, International Journal of Cognitive Informatics and Natural Intelligence, 4(3), 44-58.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats