PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Learning Starts with a Question. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 5 pendidikan matematika Universitas PGRI Palembang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen (Posttes-only control design). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Hasil penelitian yang didapat bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Learning Starts with a Question terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa.
This study aims to determine the capability is there any influence student understanding of mathematical concepts after the implementation of Learning Starts with a Question method. The research subject is the 5th semester student of mathematics education PGRI Palembang University academic year 2016/2017 which amounted to 40 people. The method used is experiment (Posttes-only control design). Data collection techniques were used that test. The research result obtained that no influence Learning Starts with a Question method of the ability student understanding of mathematical concepts.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bartle. G. Robert dan Sherbert, R.Donald. (1982). Introduction to Real Analysis.. United States of America. John Wiley & Sons Inc.
Darmadi. (2008). Berpikir analitis, kreatif, kritis, dan inovatif ditinjau dari taksonomi Bloom. Seminar Nasional di Universitas Negeri Surabaya.
Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryanto, dan Suyono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rasdakarya.
Mulyasa, E. (2007). Implementasi Kurikulum 2004: Perpaduan Pembelajaran KBK. Bandung: Rosda.
Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zaini, Hisyam dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats