PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA MELALUI COLLABORATIVE ANALYSIS OF SAMPLE STUDENT RESPONSES

Irkham Ulil Albab, Bagus Ardi Saputro, Farida Nursyahidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan Collaborative Analysis of Sample Student Responses. Subjek Penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah matematika SLTP di Universitas PGRI Semarang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah mahasiswa ketika belajar menggunakan Collaborative Analysis of Sample Student Responses. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh dengan cara test kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara, observasi dan video – typing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa meningkat ketika menggunakan pembelajaran Collaborative Analysis of Sample Student Responses.


This study aims to determine the increase in mathematical problem solving skills of students to apply Collaborative Analysis of Sample Student Responses. Subjects of this study is students taking junior high school mathematics courses at the University of PGRI Semarang. The object of this research is problem-solving ability of students when learning to use the Collaborative Analysis of Sample Student Responses. This research is a classroom action research. Data were obtained by means of mathematical problem solving ability tests, interviews, observations and video - typing. The results of this study indicate that the mathematical problem solving ability of students increased when using learning Collaborative Analysis of Sample Student Responses.


Keywords


mathematical problem solving skills; Collaborative Analysis of Sample Student Responses; kemampuan pemecahan masalah; Collaborative Analysis of Sample Student Responses

Full Text:

PDF

References


Darmana, I. K. R., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. M. (2013). PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. MIMBAR PGSD, 1.

Heller, P., Keith, R., & Anderson, S. (1997). Teaching Problem Solving Through Cooperative Grouping (Part 1): Group Versus Individual Problem Solving. MAA NOTES, 159-172.

Krismiati, A. (2013). PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SECARA BERKELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS X SMA. Jurnal Infinity, 2(2), 123-135.

Langer, G. M., Colton, A. B., & Goff, L. S. (2003). Collaborative analysis of student work: Improving teaching and learning. ASCD.

Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. FPMIPA UPI. Bandung

Tarsidi, Iding. Model, Bentuk dan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas. Alamat: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196601041993011-IDING_TARSIDI/MAKALAH_MODEL_PTK.pdf

Wahyudin. 2008. Pembelajaran & Model – Model Pembelajaran: Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. UPI. Bandung.

Widjajanti, D. B. (2010). ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PERKULIAHAN KOLABORATIF BERBASIS MASALAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PERKULIAHAN KOLABORATIF BERBASIS MASALAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, DAN KEYAKINAN TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats