PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PALEMBANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran komik untuk meningkatkan matematika siswa hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan desain exprimental benar dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palembang di 2014/2015 tahun akademik yang terdiri dari dua belas layani dengan 480 siswa. Dari dua belas kelas populasi diambil dua kelas, itu VII.5 yang yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelompok kontrol dan VII.4 yang yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini dilakukan dalam pertemuan ketujuh. Pada pertemuan pertama, pretest penelitian ini dilakukan di kelompok eksperimen dan kontrol whith tujuannya adalah untuk mengetahui dasar kemampuan siswa sebelum diberikan pengobatan. kedua sampai pertemuan keenam, kedua kelas diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dengan media pembelajaran komik dan kelompok kontrol dengan model konvensional dengan kesetaraan materi dan pertidaksamaan linear satu variabel. Sebagai bahan subjek dalam pertemuan ketujuh, kedua kelas diberi posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah pengobatan yang diberikan. Data penelitian ini diambil oleh tes. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa siswa hasil belajar matematika setelah belajar t_test Media appliec komik showec belajar = 1.14> tabel = 1,667 sehingga hipotesis nol (H0) diterima, berarti ada perbaikan siswa belajar hasil komik setelah media pembelajaran tidak Kenaikan untuk siswa kelas VII SMP N 10 Palembang.
The aim of this study was to know the effect of comic learning media to increase students’ mathematics learning outcomes at the seventh grade students of SMP Negeri 10 Palembang. This study used true exprimental design with pretest-posttest control group design. The population of this study were all of seventh grade students of SMP Negeri 10 Palembang in 2014/2015 academic years which consisted of twelve clases with 480 students. From twelve classes population were taken two classes, it was VII.5 which consisted of 40 students as a control group and VII.4 which consisted of 40 students as an experimental group. The study was done in seventh meetings. In first meeting, this study done pretest in experimental and control group whith the aim was to know the basic of students’ ability before given a treatment. The second until sixth meetings, both of classes was given treatment in experimental group with comic learning media and control group with conventional model with material equality and inequality linear one variabel. As the subject material in seventh meeting, both of classes were given posttest to know the improvement of students learning outcomes after was given treatment. The data of this study was taken by a test. Based on the result of this study, it can be concluded that the students learning outcome in mathematics learning after comic learning media appliec showec t_test= 1,14 > ttabel = 1,667 so the null hypotheses (H0) was accepted, it means that there is an improvement students learning outcomes after comic learning media no increase at seventh grade students of SMP N 10 Palembang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta : Jakarta
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Komara, Sakinah. (2010). Pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap hasil belajar matematika siswa ( kuasi eksperimen di MTs negeri 22 jakarta timur).http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle /123456789/21590(di akses tanggal 12-05-2011)
Riduwan. (2013). Dasar–dasar statistika. Bandung: Alfabeta.
Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah. (2004). Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Volume I. Jakarta.
Sudijono, Anas. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sudjana, Nana. (2001). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Supandi dan Asep. (2009). Optimalisasi Penggunaan Alat Peraga Model Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Luas Bangun Ruang Bagi Siswa Kelas 8A SMP Negeri 5 Surakarta Semester Genap Tahun 2008/2009. Jurnal Vol.2 No. 6 Oktober 2009, ISSN:1979-6161. (diakses tanggal 28-11-2014)
DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats