PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MINASATENE

Firdha Razak, Rahmat Kamaruddin

Abstract


Abstrak

Matematika adalah pelajaran yang kurang diminati oleh siswa, dalam belajar lebih banyak siswa pasif, sehingga sikap ilmiah siswa kurang berkembang, sehingga hasil belajar siswa cenderung menurun. Sehingga guru matematika selalu berusaha mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa, yang berdampak pada hasil belajar siswa. Pernyataan tersebut menarik peneliti untuk mengambil isu studi kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene. Populasi yang diambil adalah kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene, dengan sampel penelitian kelas VIIIA sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data sikap ilmiah dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi sedangkan hasil belajar dengan menggunakan uji. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Signifikansi koefisien regresi dan model regresi kelinearan didapatkan pengaruh sikap ilmiah (X) terhadap hasil belajar (Y), menurut persamaan regresi Y = 0,0109 + 0.138X. Untuk menguji koefisien signifikansi regresi yang diperoleh t hitung 5.197 diatas tabel 2.02 maka Ho ditolak yang berarti koefisien regresi signifikan. Uji kelinearan diperoleh Fhitung 26,801 di atas Ftabel 4,08, dan signifikan 0,00 <0,05, maka Ho ditolak yang berarti pada hubungan linier dari sikap ilmiah dan hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene.

 

Abstract

Mathematics is a lesson that is less interested by students, in learning more passive students, so that students' scientific attitude is less developed, resulting in student learning outcomes that tend to decline. So that the math teacher always tries to develop the learning method to improve the students' scientific attitude, which impact on student learning outcomes. The statement attracted researchers to take the issue is the influence of scientific attitudes toward the results of student learning VIII grade SMP Negeri 3 Minasatene. Population taken is class VIII SMP Negeri 3 Minasatene, with research sample class VIIIA counted 27 students. Technique of collecting scientific attitude data by using questionnaire and observation sheet while study result by using test. Data analysis using simple linear regression. The significance of regression coefficient and linearity regression model got the influence of scientific attitude (X) on learning result (Y), according to regression equation Y = 0,0109 + 0,138X. To test the coefficient significance regression obtained t arithmetic 5,177 above table is 2.02 then Ho rejected which means significant regression coefficient. Linearity test obtained Fcount 26,801 above Ftabel 4,08, and significant 0,00 <0,05, hence Ho is rejected which means on linear relationship of scientific attitude and learning result. So it can be concluded there is influence of scientific attitude toward student learning result of class VIII SMP Negeri 3 Minasatene.


Keywords


Scientific Attitude; Learning Outcome; Sikap Ilmiah; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ainurrahman. 2006. Belajar Dan Pembelajaran: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Bandung: Alfabeta.

Amin, Suyitno. 2012. Penilaian Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Jurnal Pelangi Ilmu.

Anwar, Herson. 2009. Penilaian Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Jurnal Pelangi Ilmu.

Anni, Catharina Tri. 2005. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPTK MKK UNNES.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati & Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Handini, Isriani. 2012. Strategi Belajar Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.

Huda, Miftahul. 2011. Condition of Learning. Surabaya: .

Irianto, Agus. 2013. Statistik Konsep Dasar Aplikasi dan Penerapannya. Jakarta:

Mudzakar, Ahmad dan Jiko Sutrisno. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning. Jakarta.

Sudjana. 2011. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sukino. 2006. Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga

Sukino. 2006. Matematika untuk SMP Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: PT Fajar Interpratama Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats