ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BENTUK ALJABAR

Ai Mulyani, Eneng Kurnia Nur Indah, Angga Permana Satria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat pada materi bentuk aljabar. Subjek terdiri dari 35 siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan pemahaman matematis, hasil angket siswa, dan dokumentasi. Hasil tes dianalisis sesuai indikator kemampuan pemahaman matematis, yaitu menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana dan mengerjakan perhitungan secara algoritmik, mengaitkan satu konsep dengan konsep lainnya dan mampu menerapkan konsep yang telah dipelajari sebelumnya dengan konsep yang terdapat pada bentuk aljabar. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa SMPKabupaten Bandung Barat masih rendah. Hal ini terbukti bahwa siswa tidak dapat menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana dan mengerjakan perhitungan secara algoritmik, mengaitkan satu konsep dengan konsep lainnya dan mampu menerapkan konsep yang telah dipelajari sebelumnya dengan konsep yang terdapat pada bentuk aljabar, sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal, tidak tertantang menyelesaikan soal matematika yang tidak rutin, gugup dalam menjawab pertanyaan tentang materi matematika yang kurang dipahami, ragu-ragu dapat mempelajari sendiri materi matematika yang sulit, tidak dapat menemukan cara baru ketika sulit mengerjakan soal matematika dan menghindari memilih soal latihan matematika yang sulit.

 

This research is aimed to know mathematical comprehension ability of junior high school student in Kabupaten Bandung Barat on the material of algebra. The students consist of 35 students. Data collected in the form of result test of mathematical comprehension ability, student questionnaire result and documentations. The result of test is analyzed according to mathematical comprehension ability indicator, which is applying the formula in simple calculation and doing calculation algorithmically, connecting one concept with another concept and be able to apply concept that has been learned previously with the concept in algebra. Based on data analysis that the ability of junior high school student mathematical comprehension is still low, it is proven that student cannot apply the formula in simple calculation and carry out calculation algorithmically, connecting one concept to another concept in algebra. So, student gets difficulty in doing the cases. Student gets difficulty in understanding question, have no challenge in doing mathematic cases rarely given, be nervous in answering question about mathematic material that is poorly understood, be hesitance in learning for themselves difficulty mathematic material, cannot find a new method while getting difficult to do mathematic question and avoiding to choose the difficult mathematic exercise.


Keywords


kemampuan pemahaman; bentuk aljabar; pendapat siswa; Ability of Understanding; Algebraic Form; Student’s Opinion

Full Text:

PDF

References


Chotimah, S. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educations pada Siswa SMP di Kota Bandung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 2, (pp.133-139). Cimahi: STKIP Siliwangi.

Hendriana, H, Rohaeti E. E, & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Putra, H. D. (2014). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa MTs Asy Syifa Kelas IX Berdasarkan Teori Piaget. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 2, (pp. 224-230). Cimahi: STKIP Siliwangi.

Putra, H. D, & Purwasih, R. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Project Based Learning. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 128-136.

Putra, H. D. (2016). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemadirian Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Pendidikan Nusantara 2016 (pp.106-115). Cimahi: STKIP Siliwangi.

Putra, H. D. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 11(1): 28.

Rukoyah, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik serta Kemandiriam Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metakognitif. Tesis pada Pascasarjana STKIP Siliwangi, Bandung: tidak dipublikasikan.

Wahyuni & Karimah. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2): 232-233.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats