ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PADA SISWA KELAS SATU SEKOLAH DASAR

Suwarto Suwarto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesulitan belajar operasi hitung pada siswa kelas satu Sekolah Dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Ketapang Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang, dengan metode diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil analisis didapat: (1) Letak kesulitan siswa dalam memahami operasi bilangan adalah dalam hal fakta, hal ini ditunjukan ketika menyelesaikan soal bentuk cerita, dalam operasi penjumlahan soal cerita dalam katagori kurang baik yaitu sebesar 25% siswa dapat mengerjakan soal dengan benar. Pada soal cerita operasi pengurangan kemapuan penyelesaian siswa dalan katagori kurang baik yaitu sebesar 22,5% siswa yang dapat mengerjakan soal dengan benar. (2) Siswa masih mengalami kesulitan jika dimodelkan dalam bentuk abstrak, hal ini terlihat pada soal yang dimodelkan abstrak pada operasi pengurangan sebesar 50% siswa dapat menyelesaikan soal dengan baik dan pada operasi pengrungan terdapat 37,5%.

 

Abstract

This study aims to study how to learn count on the first grade students of Primary School. The subjects of this study were the students of grade 1 of the State Elementary School of Ketapang, Mauk Sub-District, Tangerang Regency, with qualitative descriptive method. Technique of writing data using test. The results of the analysis obtained: (1) The location of the students' difficulties in understanding the operation of numbers is in fact facts, this is shown keterhubungan about the form of the story, in the process of summing up the story story in less good category that is equal to 25% of students can do the problem correctly. On the matter of operation story to trap the release of student dalan less good category that is equal to 22,5% student who can do the problem correctly. (2) Students are still difficult if modeled in abstract form, this is seen in the problem that is moderated. A total of 50% of students can solve the problem well and on the operation there are 37.5% pengrungan there.


Keywords


learning difficulties; counting operations; addition and evaluation; kesulitan belajar; operasi hitung; penjumlahan dan pengurangan

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen: revisitaksonomi pendidikan bloom. (TerjemahanAgung Prihantoro). New York:

Ardiansyah, Gigih Sudarka. (2014). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sambi Tahun 2013/20014. Skripsi, tidak dipublikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

B.Uno, H. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Djaelani. (2008). Matematika untuk SD/MI Kelas I. Surakarta: PT Pustaka Utama.

Ekayanti, A. (2017). Diagnosis Kesalahan mahasiswa dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newman Error Analisis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No 1 Hal. 105-116.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan , Vol. 17 Nomor 1 halaman 66-79.

Sholihah & Afriansyah. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Benda serta Tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No 2 Hal. 287-298.

Sukamadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosa Karya.

Soon, W., Lioe, L, T., & Mclnnes, B. (2011).Understanding the difficulties faced by engineering undergraduates in learning mathematical modelling. InternationalJournal of Mathematical Education inScience and Technology. 42, 1023- 1039.

Sukamadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosa Karya.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suwarto. (2017). Strategi Pembelajaran Operasi Bilangan dengan Bneda Konkrit. Union: Jurnal Pendidikan Matematika , Vol 5 No 3, Hal 285-294.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , Vol 5 No 1 Hal 24-32.

Widdiharto, Rachmadi. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan PemberdayaanPendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats