PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII

Kabita Camelia Putri, Sutriyono Sutriyono

Abstract


Abstrak

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran matematika yang diupayakan guru matematika SMP Negeri 3 Karanganyar belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Akibatnya hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karanganyar belum maksimal. Penelitian bertujuan meningkatkan  pengaruh metode pembelajaran STAD pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi persamaan linear dua variabel. Hasil penelitian dalam dua siklus adalah sebagai berikut: hasil belajar sebelum dilakukan tindakan adalah 18,75 % siswa tuntas belajar dan 81,25% belum tuntas belajar.Setelah dilakukan tindakan I diperoleh hasil belajar 68,75% siswa tuntas belajar dan 31,25% belum tuntas belajar. Hasil belajar pada siklus kedua tindakan adalah 93,75% siswa tuntas belajar dan 6,25 % siswa tidak tuntas belajar. Artinya pemberian tindakan dengan penerapan metode STAD memberikan dampak pada hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh metode STAD pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karanganyar.

 

Abstract

This classroom action research is based on the fact that mathematics learning by mathematics teacher of SMP Negeri 3 Karanganyar has not shown satisfactory result.  As a consequnce the results of mathematics learning in grade VIII students SMP Negeri 3 Karanganyar not maximized. The study was aimed to improve the influence of STAD learning method on the learning of mathematics on the learning outcomes of students of class VIII on two linear equations. The results of the research in two cycles are as follows: learning outcomes before the action is 18.75% students had completed the learning and 81.25% students had not completed learning. After doing the action I was obtained the results of learning 68.75% students complete study and 31.25% did not complete learning. Learning outcomes in the second cycle of action is 93.75% of students succeed the learning and 6.25% of students did not complete learning. This means that the provision of action with the application of STAD method gives an impact on student learning outcomes. The conclusion of the research is thaf the effect of STAD method can be found on the learning of mathematics on the result of the students' learning in grade VIII SMP Negeri 3 Karanganyar.


Keywords


STAD; hasil belajar; persamaan linear dua variabel; learning outcomes; linear equations of two variables

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269–280.

Alamin, L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII H SMPN 1 Cikoneng Melalui Metode Demonstrasi pada Materi Pengukuran. Jurnal PETIK. Volume 04 Nomor 01.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Rosda Karya.

Arikunto, S. (2012). Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Eminingsih (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada siswa kelas kelas VII E SMP Negri 3 Batang. Jurnal Elektronik UNNES Semarang Vol 42 Nomor 1.

Jarmita, N. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Jurnal Elektronik Ilmiah Disaktika vol 13 nomor 1.

Ngalimun, (2012). Strategi Dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Noor, F. A. (2007). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Laboratorium Mini untuk Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2 No. 1 Hal 29-37.

Slameto. (2015). Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunilawati, N. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Elektronik Universitas Pendidikan Ganesha Vol 3.

Sutama. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktek. Semarang: Citra Mandiri Utama.

Sutama, dkk. (2013). Strategi Pebelajaran Matematika Kontekstual Berbasis Lesson Studi. Surakarta: Faitus Media.

Suyanto & Jihad, A. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru Dan Guru Professional. Jogja: Multipersindo.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats