HUBUNGAN ANTARA SELF-CONFIDENCE TERHADAP MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA PADA MATERI LINGKARAN

Senja Noviani Dewi, Eva Dwi Minarti

Abstract


Abstrak

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara self-confidence siswa dan kemampuan pemecahan masalah  matematik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa  SMP Negeri di Kota Bandung. Sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 35 orang yang ditetapkan secara purposif pada salah satu SMP Negeri di Kota Bandung. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes dan nontes, adapun instrumen tes sebanyak 6 soal untuk menganalisa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa sedangkan instrumen nontes sebanyak 25 skala pernyataan yang digunakan untuk menganalisa self confidence siswa dalam pembelajaran matematik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah secara signifikan Self-confidence siswa tentang matematika dalam pembelajaran mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.

 

Abstract

In general, the purpose of this research is to find out whether there is relationship between students’ self-confidence and students’ mathematic problem solving skill. The method of this research is survey method with corellation technique. The population of this research is students of a state junior high school in Bandung. While, the sample of this research is 35 students which is decided by purposif sampling in a state junior high school in Bandung. The instrument in this research is test and non-test instrument, in which test instrument consists of six questions to analyze students’ mathematic problem solving skill, while non-test instrument consists of twenty five scale statement which is used to analyze students’ self-confidence in mathematic learning. Conclusion of the result of this research is significantly , students’self-confidence in mathematic learning influence students’ mathematic problem solving.


Keywords


Problem Solving Abilities; Self Confidence; Kemampuan Pemecahan Masalah; Self Confidence

Full Text:

PDF

References


Ardiantari, N. L. P. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Tema Cita- Citaku Siswa Kelas IV B SD Negeri 8 Pemecutan. Jurnal Undiksa Vol.3.no.1, 8.

Coughlan S. (2015). Asia Peringkat Tertinggi Sekolah Global Indonesia Nomor 69. Koresponden Pendidikan BBC. Diakses tanggal 24 Februari 2018 dari www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/05/150513_majalah_asia_sekolah_terbaik.

Depdiknas (2006). Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hendriana, H. dan Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E.,Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Minarti, E. D. dan Senjayawati, E. (2015). Studi Komperatif Penerapan Pendekatan Kontekstual dan Pendekatan Kontekstual Bersetting Pembelajaran Cooperatif Script Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMK di Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi vol.2.no.2.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Salamor, R. (2013). Pembelajaran Group Investigation Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Concept Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Sigma Didaktika.2(1). Hlm. 60-72.

Suhardita, K. (2010). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Skripsi UPI tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Nasional Matematika UPI Bandung.

Tresnawati., Hidayat, W., Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education vol.2.no.2.

Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematik, dan Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika. Bandung: Disertasi PPS IKIP Bandung: Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats