Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMK Santo Aloisius Ruteng tahun ajaran 2017/2018 yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan dengan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Santo Aloisius Ruteng yang tersebar dalam tiga kelas. Dua kelas dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian. Kelas X TKR B terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sedangkan kelas X TKR C diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.
Abstract (Effect Of Cooperative Learning Model Of Numbered Head Together Type On Mathematical Communication Ability)
This study was aimed to determine the effect of cooperative learning model NHT type towards students’ mathematical communication skill of grade X SMK Santo Aloisius Ruteng in academic year 2017/2018. This study was experimental research with post-test only control group design. The population of this study was all the tenth-grade students majoring in Teknik Kendaraan Ringan (TKR). X TKR B selected as an experimental class taught by applying cooperative learning type NHT while X TKR C taught by direct learning model. The data obtained was analyzed by t-test. Analysis data result obtained that students’ mathematical communication skill that using cooperative learning type NHT is higher than students’ mathematical communication skill that using direct learning model.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207-216.
Aulia, A. A. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Membangun Pemahaman Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bolo Bima. DISERTASI dan TESIS
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Husna, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81-92.2
Luritawaty, I. P. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Metode Diskusi Berbantuan Microsoft Office Excel. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 213-222.
Makur, A., Prahmana, R., & Gunur, B. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Peserta OSK Matematika Tingkat SD, dan Strategi Think, Talk, and Write. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2). doi:https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5677.%p
Nendi, F., Mandur, K., & Makur, A. P. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Konsep-Konsep Matematika SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 9(2), 165-173.
Pantaleon, K. V. & Emer, E. (2011). Penggunaan Alat Peraga Melalui Pembelajaran Tutor Teman Sebaya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 3(1), 53-63.
Shoimin, A. (68). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Suryadi, D. (2007). Pendidikan Matematika. dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.
Tamur, M. (2012). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Etnomatematika sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Mahasiswa PGSD (Doctoral dissertation, Tesis SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan).
Pratiwi, R. (2010). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419-430.
DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats