Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara

Azhari Dewita, Abdul Mujib, Hasratuddin Siregar

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep (ide-ide) matematika yang terdapat  pada rumah adat Mandailing  yaitu Bagas Godang. Mandailing adalah salah satu suku Batak yang terletak di Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara. Salah satu unsur budaya Mandailing adalah rumah adat Bagas Godang Sumatera Utara yang seharusnya menjadi perhatian pemerintah daerah setempat. Bagas Godang merupakan unsur budaya Mandailing yang dapat di jadikan media pembelajaran matematika sekolah, sehingga pembelajaran matematika dapat dimulai dari memperkenalkan budaya lokal seperti rumah adat budaya Mandailing atau Bagas Godang. Tulisan ini mengeksplorasi konsep-konsep matematika pada struktur dan ornamen rumah adat Bagas Godang. Pembahasan yang bersifat deskriptif memberi gambaran tentang ornamen rumah adat Bagas Godang lebih terperinci. Hasil eksplorasi dan analisis ornamen-ornamen Bagas Godang ditemukan adanya konsep matematika berupa konsep grup, geometri dan trasformasi geometri dan komposisinya.

 

Ethnomatematic Study of Bagas Godang as a Mandailing Culture Element in North Sumatera

Abstract

The purpose of this study was to find out the concepts (ideas) of mathematics in the traditional Mandailing house, Bagas Godang. Mandailing is one of the Batak tribes located in South Tapanuli Regency, North Sumatra. One element of Mandailing culture is the traditional house of Bagas Godang, North Sumatra, which should be the concern of the local government. Bagas Godang is an element of Mandailing culture that can be used as a medium for school mathematics learning, so that mathematics learning can be started from introducing local culture such as the traditional Mandailing or Bagas Godang cultural houses. This research explores mathematical concepts in the structure and ornaments of the traditional Bagas Godang house. Descriptive discussion gives an overview of the traditional Bagas Godang house ornaments in more detail. Exploration and analysis of Bagas Godang ornaments found mathematical concepts such as group concepts, geometric concepts, and geometric transformations and their compositions.


Keywords


mandailing; bagas godang; etnomatematics; mathematical concepts; group; geometry; geometric transformations; mandailing; bagas godang; etnomatematika; konsep matematika; grup; geometri; transformasi geometri

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A. (2012). Implementasi Pmri dalam Materi Sifat Komutatif dan Assosiatif pada Bilangan Bulat untuk Level Siswa Sd/mi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 67-72.

Afriansyah, E. A. (2017). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 463-474.

Harahap, E. M. (2016). Variasi Fonologi dan Leksikon Dialek Angkola Desa Sialagundi di Desa Aek Garugur Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Metamorfosa, 2(2).

Hasanuddin, H. (2017). Etnomatematika Melayu: Pertautan Antara Matematika Dan Budaya Pada Masyarakat Melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2), 136-149.

Kholilah, A., dkk. (2017). Bentuk Dan Fungsi Rumah Adat Raja Pamusuk Mandailing. Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 2(1).

Kozok, U. (1999). Warisan leluhur: sastra lama dan aksara Batak (Vol. 17). Kepustakaan Populer Gramedia.

Lubis, Z. (2014). Menumbuhkan (Kembali) Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam di Tapanuli Selatan. Antropologi Indonesia.

Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10.

Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah KalkuluS II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.

Mujib, A. (2018, April). Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Kalkulus II. Dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 1, No. 1, pp. 87-96).

Murtiyasa, B. (2010). Strategi Pengembangan Pembelajaran Matematika pada Abad XX.

Nasution, H. & Pandapotan, S, H. (2005). Adat Budaya Mandailing Dalam Tantangan Zaman, Prov. Sumatera Utara: Forkala.

Nugraha, A., & Sundayana, R. (2014). Penggunaan Alat Peraga sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Memahami Konsep Bentuk Aljabar pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Pasirwangi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 133-142.

Supriadi, M. P. (2013). Pembelajaran Etnomatematika dengan Media Lidi dalam Operasi Perkalian Matematika untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Cinta Budaya Lokal Mahasiswa PGSD, makalah seminar nasional. Pendidikan Matematika SPS UPI.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats