Desain Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistik di Kelas V

Warsito Warsito, Yeni Nuraini, Sukirwan Sukirwan

Abstract


Abstrak

Pecahan merupakan salah satu topik matematika yang hampir selalu menjadi masalah bagi siswa sekolah dasar (SD). Masalah tersebut muncul karena umumnya siswa tidak memahami konsep pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian desain (design research) yang dirancang untuk memberikan suatu pertimbangan yang baik terhadap proses pembelajaran operasi pecahan melalui dugaan-dugaan yang dibangun dalam kerangka analisis hypotetical learning trajectory (HLT) yang kemudian diujicobakan dalam pembelajaran matematika realistik (PMR). PMR mendasari dari seluruh kegiatan penelitian desain riset.  Hasil penelitian ini tergambar dari teori instruksional lokal (local instructional theory). Design research dilakukan dalam tiga tahap, yaitu desain pendahuluan, percobaan mengajar yang terdiri siklus 1 dan siklus 2, dan tahap ketiga analisis retrospektif.  Penelitian melibatkan menggunakan sampel sebanyak 29 siswa kelas V di SDI Nurul Hasanah yang terdiri 4 orang siswa pada siklus satu dan 25 siswa pada siklus kedua.  Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa serangkaian kegiatan pembelajaran dengan PMR dapat membawa siswa dari situasi konkret menuju situasi yang lebih formal.  Siswa mampu mengerjakan bilangan pecahan dari bentuk kontektual dengan disertai alasan.

 

Learning Design Fractions through Realistic Approach in Class V

Abstract

Fractions is one of  the mathematics topic that are almost to be problem for elementary school (SD) . This problem arises because generally studenst do no understand about concept of fraction. This research is design research  designed to provide a good consideration of learning process of  fractional operations through allegations built in framework analysis hypotetical learning trajectory (HLT), which later tested in learning mathematics realistic (PMR). PMR underlies all research design research activities. The results of this study are drawn from local instructional theory. Design research is carried out in three stages, namely preliminary design, teaching experiment consisting of cycle 1 and cycle 2, and the third stage of retrospective analysis. The study involved using a sample of 29 grade V students at SDI Nurul Hasanah consisting of 4 students in cycle one and 25 students in the second cycle. The results of the study can show that a series of learning activities with PMR can bring students from concrete situations to a more formal situation. Students are able to work fractions of a contextual form with reason.


Keywords


Design research; realistic mathematics education; hypothetical learning trajectory; local instructional theory; Design research; pembelajaran matematika realistik; hypotetical learning trajectory, local instructional theory

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269-280.

Afriansyah, E. A. (2017). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 463-474.

Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. Pedagogik, 6(1), 72-89.

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 24-32.

Danoebroto, S.W. (2008). Improving problem solving skill using the PMRI and metacognitive training. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1(11), 73-87.

Diba, F., Zulkardi, & Saleh, T. (2009). Pengembangan materi pembelajaran bilangan berdasarkan pendidikan matematika realistik untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 33-46.

Frengky. (2010). Model pembelajaran matematika siswa kelas satu sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 35(2), 151-163

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-24.

Gravemeijer & Cobb. (2006). Design Research from a Learning Perspective, dalam Educational Design Research. New York : Routledge.

Nuraeni, E, Lidinillah, D.A.M., & Sakinatussaadah, A. (2012). Model disain didaktis pembagian pecahan berbasis pendidikan matematika realistik untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 297-308.

Rosmalia, N.L. (2015). Desain Didaktis Luas Permukaan dan Volume Limas pada Pembelajaran Matematika di SMP. (Skripsi). Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia.

Shadiq, F., & Mustajab, N.A. (2010). Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik di SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Suwarsono. (2001). Beberapa permasalahan yang terkait dengan upaya implementasi pendidikan matematika realistik di indonesia. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika Realistik di USD, 14-15 November 2001.

van Den Heuvel-Panhuizen, M. (2003). The didactical use of models in realistic mathematics education: An example from a longitudinal trajectory on percentage. Educational Studies in Mathematics, 54, 9–35.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yeni, R.F.(2013). Desain pembelajaran aturan sinus dan aturan cosinus berbasis PMRI untuk mengetahui strategi siswa. Jurnal Kreano, Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 4(1) hlm. 88-97

Zulkardi. (2010). How to Design Mathe-matics Lesson based on the Realistic Approach?. Terdapat pada http://eprints.unsri.ac.id/692/1/rme.html. [On line]. Diakses tanggal 17 Juni 2017a




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats