Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar matematika berbasis scientific untuk siswa SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D) menurut Borg & Gall yang terdiri atas tiga langkah utama yaitu studi pendahuluan, desain produk serta pengembangan dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Palasah dengan Instrumen berupa instrumen tes kemampuan berpikir kritis, lembar validasi para ahli, lembar penilaian kepraktisan dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis scientific yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis. Uji perbedaan keefektifan ini menggunakan uji multivariat Hotteling’s Trace dan uji perbandingan keefektifan menggunakan uji statistik univariat between group yang menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis scientific yang digunakan kelas uji coba lebih efektif dibandingkan bahan ajar buku paket biasa yang digunakan pada kelas kontrol.
Development of Mathematic Teaching Material Based on Scientific Oriented to the Mathematical Critical Thinking Ability of Student
Abstract
This study aims to produce scientific-based mathematics worksheets for junior high school students that meet the criteria of valid, practical, and effective oriented mathematical critical thinking skills. This is a research and development (R & D) according to Borg & Gall which consists of three main steps, namely preliminary study, product design and development and evaluation. The subjects of this study were the eighth grade students of SMPN 1 Palasah with instruments in the form of critical thinking ability tests, expert validation sheets, practicality assessment sheets and student response questionnaires. The effectiveness of teaching materials is shown based on the percentage of the number of students who are at least in the good category at 95.8% and this effectivesness test uses multivariate Hotteling’s Trace test adn comparison of effectiveness test using univariate statistical test between groups and the result show that the teaching materials of scientific-based worksheets are more effective than teaching materials for general textbooks.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2015). Tes Prestasi: fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar (edisi kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Anitasari, E. (2015). Efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific berbasis teori kecerdasan majemuk ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp kelas VIII. Thesis UNY
Borg, W. R & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Intriduction (4th ed). New York City: Longman.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hope, Gerde. K dkk. (2013). Using the Scientific Method to Guide Learning: An Integrated Approach to Early Childhood Curriculum. Early Childhood Educ Journal (Vol 41 No 5)
Jumaisyaroh, T. E.E. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui pembelajaran Berbasis Masalah. JURNAL KREANO, ISSN: 2086-2334 Diterbitkan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES Volume 5 Nomor 2 Bulan Desember Tahun 2014
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standarsan Proses. Jakarta: Kemendikbud.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Materi Statistika Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 467-476.
Niveen, N. (1999). Computer support for curriculum developers: A study on the potential of computer support in the domain of formative evaluation. Doctoral dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands.
Ramziah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 138-147.
Razak, F. & Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 138-147.
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga.
Soeprapto. (2001). Membuat Manusia Berpikir Kreatif dan Inovatif. Bandung: Nuansa
Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kekmampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Edumatica(Online), 2(1).
DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats