Profil Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri

Bagus Dwi Wicaksono, Erlina Prihatnani

Abstract


Abstrak

Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) diperlukan calon guru yang berkualitas agar mampu menyiapkan generasi yang dapat bersaing secara global. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang calon guru adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa Pendidikan Metematika FKIP UKSW ditinjau dari tingkat kepercayaan diri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UKSW yang diambil berdasarkan 2 kategori yaitu mahasiswa dengan kepercayaan diri tinggi atau S1 dan mahasiswadengan kepercayaan diri rendah atau S2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara subjek S1 dan subjek S2 dimana subjek S1 memenuhi semua aspek FRISCO (fokus, reason, inference, situasion, clarity, dan overview) sedangkan subjek S2 hanya memenuhi aspek focus, reason, inferencedanclarity.

 

Profil of Student’s Mathematical Critical Thinking in Solving Trigonometry Question Viewed from Self-Confidence

Abstract

Entering the era of the Asean Economic Community (MEA) requires qualified teacher candidates to be able to prepare generations that can compete globally. One of the abilities that a prospective teacher must possess is mathematical critical thinking skills. A study concluded that critical thinking skills are influenced by self-confidence. This study aims to describe the mathematical critical thinking skills of the SWCU FKIP Mathematics Education students in terms of their level of confidence. This type of research is qualitative descriptive. The research subjects were SWCU FKIP Mathematics Education students taken based on 2 categories, namely students with high self-confidence or S1 and students with low self-confidence or S2. The results of this study indicate that there are differences in mathematical critical thinking skills between S1 subjects and S2 subjects where S1 subjects fulfill all aspects of FRISCO (focus, reason, inference, situation, clarity, and overview) while S2 subjects only fulfill focus, reason, inference, and clarity aspects.


Keywords


prospective teacher; critical thinking; self-confidence; calon guru; kemampuan berpikir kritis; kepercayaan diri

Full Text:

PDF

References


Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp dengan Graded Response Models. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 104.

Depdikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Depdikbud.

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(1996), 165–182. https://doi.org/10.1353/jge.2007.0011

Fasikhah, S. S. (1994). Peranan kompetensi sosial pada tingkah laku koping remaja akhir. Universitas Gajah Mada. https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i2.4748

Gunawan, A. W. (2013). Genius learning strategi: Petunjuk prakti suntuk menerapkan accelerated learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.424

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121. https://doi.org/10.7763/IJSSH.2011.V1.20

King, F., Ludwika, G., & Rohani, F. (2009). Higher Order Thinking Skills. Retrieved from http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf

Lauster, P. (1997). Tes Kepribadian (terjemahan Cecilia, G. Sumekto). Yogyakarta: Kanisius.

Mahardiningrum, A. S., & Ratu, N. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Pangudi Luhur Salatiga Ditinjau dari Berpikir Kritis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 77.

Paradesa, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme pada Matakuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(2), 324–325.

Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Pesantren Immim Putri Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 121. https://doi.org/10.1017/S1041610213000598

Santoso, F. G. I. (2016). Kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan soal analisis melalui pembelajaran matematika berdasarkan masalah. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 11.

Tresnawati, Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 42.

Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 64. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.193




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats