Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa

Linda Herawati, Elis Nurhayati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tingkat kecakapan akademik siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Cooperative Scrift dan melihat perbedaan tingkat kecakapan akademik siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Cooperative Script. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif karena untuk mendeskripsikan peningkatan siswa dalam kecakapan akademik siswa melalui model pembelajaran Cooperative Script. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.C SMP Negeri 12 Tasikmalaya yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data diambil melalui observasi dan tes. Berdasarkan hasil observasi data bahwa dalam kecakapan akademik siswa sebelum penerapan model pembelajaran Cooperative Script terdapat 15 siswa termasuk kategori kurang dan 19 siswa termasuk kategori sangan kurang, sedangkan setelah pembelajaran Cooperative Script terdapat 10 siswa termasuk kategori sangat tinggi, 21 siswa termasuk kategori tinggi dan 3 siswa termasuk kategori cukup. Dengan skor rata-rata kemampuan kecakapan akademik siswa setelah penerapan model pembelajaran Coopeartive Script adalah 86,73 dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Sehubungan dengan kesimpulan tersebut, maka hendaknya guru berani mencoba menerapkan metode mengajar bervariasi dalam pembalajaran dalam meningkatkan berbagai kemampuan akademik siswa.

 

Experimentation of Cooperative Script Learning Models for Students Academic Skills

Abstract

This study aims to describe the level of students 'academic skills by applying the Cooperative Scrift Learning model and see the differences in the level of students' academic skills before and after learning using the Cooperative Scrift model. The research method used is descriptive quantitative method because to describe the increase in students in students' academic skills through Cooperative Script learning models. The sample in this study were students of class VIII.C SMP Negeri 12 Tasikmalaya which amounted to 34 people. Data collection is taken through observation and tests. Based on observations of data that in the academic skills of students before the application of the Cooperative Script learning model there were 15 students including the less category and 19 students including the poor category, while after Cooperative Script learning there were 10 students including very high categories, 21 students including the high category and 3 students including enough categories. With the average score of the ability of students' academic skills after the application of the Cooperative Script learning model is 86.73 and is included in the very high category. In connection with these conclusions, teachers should be brave enough to try to apply the varied teaching methods in learning to improve students' various academic abilities.


Keywords


Cooperative Script Learning Model; Student Academics Skills; Model Pembelajaran Cooperative Sript; Kecakapan Akademik Siswa

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A. (2017). Problem Posing sebagai Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163-180.

Anwar (2006). Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: Alfabeta

Depdiknas (2003). Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Depdiknas

Noor, J dan Norlaila, N (2014). Kemamapuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script, Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lambung Mangkurat. Vol 2, No 2 (2014).

Saudagar, Fachrudin dan Idris, Ali (2009). Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta; GP press Suprijono, A. (2010). Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin (2006). Accommoding Student Diversity in Reading and Writing Instruction, Cooporative Learning Aproach, Journal of Technology Education 18 (1): 52-55.

Sulastri, S. & Haq, C. N. (2013). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Jigsaw dan Cooperative Script. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111-122.

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85-94.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats