Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape

Puspitasari Puspitasari, Novisita Ratu

Abstract


Abstrak

Pemahaman konsep merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki siswa di sekolah. Pemahaman konsep tersebut dapat diaplikasikan dalam menyelesaikan soal, terlebih pada soal non-rutin yang dapat diambil dari soal PISA. Kenyataannya siswa Indonesia tergolong rendah dalam menyelesaikan soal PISA. Salah satu cara untuk mengetahui rendahnya siswa dalam menyelesaikan soal yakni dengan mengujikan pemahaman konsep yang dimilikinya. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada konten space and shape. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2017/2018 dengan pertimbangan usia 15 Tahun dan berkemampuan tinggi (LHK), sedang (ATN) dan rendah (DSS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa: (1) Ketiga subjek memenuhi semua indikator pemahaman konsep ketika menyelesaikan soal PISA pada konten space and shape yang menggunakan komponen proses employ, konteks scientific serta komponen proses formulate, konteks personal. (2) Ketika menyelesaikan soal PISA pada konten space and shape yang menggunakan komponen proses formulate dan konteks scientific subjek ATN dan DSS tidak memenuhi indikator pemahaman konsep yang mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah.

 

Description of Students’ Concept Understanding in Solving PISA Question on Space and Shape

Abstract

Conceptual understanding is an important component for students in school. It can be applied in solving problems, especially for non-routine questions from the PISA problems. The truth, Indonesian students belong to lower level in solving PISA problems. One way to find out the low level of students’ problems solving is by testing their conceptual understanding. This qualitative research aims to describe students' conceptual understanding in solving PISA problems on space and shape content. Subjects in this research were three students of class X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambarawa on academic year 2017/2018 by consideration of 15 years old with high (LHK), middle (ATN) and low (DSS) mathematical capabilities. Data collection techniques in this research use test, interviews and documentation. Test results and interviews show that: (1) The three subjects can achieve all indicators of conceptual understanding when solving PISA problems on space and shape content with “employ” process and “scientific” context along with “formulate” process and “personal” context. (2) Subjects ATN and DSS can’t achieve the conceptual understanding indicators when solving the PISA problems on space and shape content that uses “formulate” process  and  “scientific” context which apply concept or algorithms of problem solving.


Keywords


Conceptual understanding; PISA; Space and shape; Formulate; Employ; Pemahaman Konsep; PISA; Space and Shape; Formulate; Employ

Full Text:

PDF

References


Budiono. (2016). Analisis Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Matematika di SMP. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 542–549.

Fatqurhohman. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4, 127–133.

Johar, R., & Zainabar. (2013). Student’s Performance On Shape and Space Task of PISA Question. Proceeding International Conference On Education, 449–454.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: Helping students learn mathematic. International Journal for Vitamin and Nutrition Research (Vol. 54). Washingto, DC: National Academy Press.

Luritawaty, I. (2018). Pembelajaran Take and Give dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188.

Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469.

Matitaputty, C. (2016). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113–119.

OECD. (2012). Draft PISA 2012 Mathematics Framework. Retrieved February 15, 2018, from http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/46961598

OECD. (2015). PISA 2015 DRAFT MATHEMATICS FRAMEWORK. Retrieved February 20, 2018, from http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft PISA 2015 Mathematics Framework

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 10–17.

Sugiman, Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2010). Pemecahan Masalah Matematik Dalam Matematika Realistik. Pythagoras, 16(1), 1–8.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats