Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give

Irena Puji Luritawaty

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu fakta bahwa kemampuan komunikasi matematik terbukti berperan strategis dalam berbagai kegiatan pembelajaran, termasuk matematika. Tetapi, pencapaiannya belum optimal. Penelitian ini diantaranya bertujuan menemukan sulusi untuk pengembangan kemampuan komunikasi dalam matematika melalui pembelajaran berbasis Take and Give di kalangan mahasiswa agar mempunyai kompetensi untuk berkomunikasi matematika dengan baik sebagai persiapan untuk menjadi guru. Metode kuasi eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Adapun populasi yang dipilih yaitu mahasiswa prodi pendidikan matematika pada institut pendidikan swasta di Garut, dengan mahasiswa tingkat IIA dan IIB sebagai sampel dengan jumlah 50 mahasiswa. Penelitian menggunakan instrumen berbentuk tes uraian untuk pretest dan posttest. Dari hasil penelitian secara garis besar diketahui bahwa mahasiswa dengan pembelajaran Take and Give mempunyai kemampuan komunikasi matematik yang lebih baik daripada pembandingnya yaitu mahasiswa dengan pembelajaran ceramah biasa. Pembelejaran Take and give terbukti signifikan dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematik.

 

Development of Mathematical Communication Ability through Take and Give Learning

Abstract

Background of this study is the fact that mathematical communication ability is proven to be a strategic role in various learning activities, including mathematics. But, the achievement is not optimal. This research included the aim of finding solutions to the development of communication skills in mathematics through Take and Give learning among college students in order to have the competence to communicate mathematics well in preparation for becoming a teacher. This research used The quasi-experimental method. The population chosen is college students of the mathematics department at private education institutes in Garut, with students of level IIA and IIB as a sample with 52 students. The study used a descriptive test instrument for pretest and posttest. Based on the results of this research in broad outline, it is known that students with Take and Give learning have mathematical communication skills that are better than the comparison, namely students with regular lecture learning. Take and give learning proved to be significant in developing mathematical communication skills.


Keywords


Take and Give Learning; Mathematical Communication Ability; Pembelajaran Take and Give; Kemampuan Komunikasi Matematik

Full Text:

PDF

References


Baroody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning and Communicating. K-8: Helping Children Think Mathematically. New York: MacMillan Publishing Company.

Bawono, G. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Pengkok 1 Sragen Tahun Pelajaran 2105/2016. E-Journal Karya Ilmiah Mahasiswa, 1–14.

Frastica, Z. R. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Melalui Pendekatan OPEN-ENDED Pada Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi pada Progam Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. pdf. Tersedia di

https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi-matematik/

Hartami, P., Abdullah, R., & Safitri, Y. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Pada Materi Minyak Bumi Di Kelas X MAN Sabang. Lantanida Journal, 2(2).

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Herdian. (2010). Kemampuan Komunikasi Matematika. Tersedia di

https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi-matematis/

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368.

Meda, L. Y., Wakidi, & Syaiful. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Journal of Mathematics and Science Education, (01).

Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389–400.

NCTM. (1989). Curruculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Prasetya, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give disertai Pemberian Reward terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tersedia di simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.05.0107.pdf

Russefendi, H. E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419–430.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yulietmi, I. (2013). Model Pembelajaran Take And Give (online). Tersedia di http://dhamma-link.blogspot.co.id/2013/05/model-pembelajaran-take-and-give.html

Within. (1992). Mathematics Task Centre; Proffesional Development and Problem Solving. Melbourne: The Mathematical Association of Victoria.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats