Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi
Abstract
Abstrak
Kemampuan literasi statistis siswa sekolah menengah pertama masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan tersebut dengan melakukan inovasi terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Berkaitan dengan peningkatan kemampuan literasi statistis tersebut diterapkan model pembelajaran berbasis proyek yang dimodifikasi. Metode dalam penelitian ini metode kuasi-eksperimen dengan instrumen penelitian soal tes berupa indikator kemampuan literasi statistis. Subjek penelitian siswa kelas VIII pada Madrasah Tsanawiyah berjumlah 36 orang siswa. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan literasi statistis yang signifikan antara siswa yang mendapat model pembelajaran berbasis proyek yang dimodifikasi dengan model pembelajaran ekspositori. Model pembelajaran berbasis proyek yang dimodifikasi dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan literasi statistis.
Enhancing Statistical Literacy Abilities through Modified Project-Based Learning
Abstract
The statistical literacy ability of junior high school students is still low. One way to improve this ability is by innovating the applied learning model. Regarding the increase in statistical literacy skills, a modified project-based learning model is applied. The method in this study is a quasi-experimental method with a research instrument about test questions in the form of indicators of statistical literacy. The research subjects of class VIII students at the Tsanawiyah Madrasah were 36 students. The results of the study are that there are significant differences in statistical literacy skills between students who receive a project-based learning model modified by the expository learning model. The modified project-based learning model can be used as an alternative learning model for improving statistical literacy skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dasari, D. (2006). Kemampuan Literasi Statistis dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–9.
Gal, I. (2002). Adults’ statistical literacy: Meanings, components, responsibilities. International Statistical Review, vol.70(No. 1), 1-25.
Hafiyusholeh, M., Budayasa, K., & Siswono, T. Y. E. (2017). Literasi Statistik : Siswa SMA dalam Membaca , Menafsirkan , dan Menyimpulkan Data, 1(1), 79–85.
Hamzah. (2009). Teori Pembelajaran Kontruktivisme. Jurnal Psikologi Pendidikan, 2(no 3), h 1.
Kemdikbud.go.id. (2018). Hasil Ujian Nasional SMP/MTs.
Kemdikbud. (2017). Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Lanani, K. (2015). Kemampuan Penalaran Statistis, Komunikasi Statistis dan Academic help-seeking Mahasiswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan ICT.
Martadiputra, B. A. P. (2012). Kajian Tentang Kemampuan Melek Statistis (Statistical Literacy), Penalaran Statistis (Statistical Reasoning), Dan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) Guru SMP/SMA.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.
Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika, 2(2), 205–212.
Rudi. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Materi Statistika SMP, 1–13.
Saiman. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam belajar statistik khususnya pada histogram. Aksioma, 5(2), 231–240.
Sumardyono, Priatna, N., & Anggraena, Y. (2016). Model Pembelajaran Matematika, Statistika, dan Peluang. JAKARTA: Erlangga.
Sundayana, R. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Statistika Melalui Pemberian Praktikum Pengolahan Data Berbantuan Komputer pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP Garut. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–58.
Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–94.
DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.496
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats