Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran
Abstract
Abstrak
Banyak siswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada pokok bahasan Lingkaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan penelitian kasus. Materi tentang Lingkaran merupakan materi yang terdapat di SMP kelas VIII pada semester genap dan materi ini merupakan salah satu materi yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Kelas VIII F SMPN 3 Karawang Barat dipilih sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes tertulis kemampuan pemahaman konsep. Soal berbentuk uraian yang sebelum digunakan sudah di uji validasi. Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah 10,06 termasuk dalam kriteria sedang. Hasil analisis konsep per indikator, diketahui siswa sangat kurang pada indikator menerapkan hubungan antar konsep dan prosedur, kemudian dalam menerapkan konsep secara algoritma. Masih terdapat banyak siswa yang memiliki pemahaman konsep yang kurang.
Understanding of Mathematical Concepts Class VIII Students in Circle Materials
Abstract
Many students have difficulty understanding mathematical concepts. The purpose of this study is to determine the ability to understand students' concepts in solving questions on the subject of the Circle. The method used in this research is descriptive method with case research. The material about Circles is the material found in class VIII SMP in the even semester and this material is one of the materials related to daily life. Class VIII F of SMP 3 Karawang Barat was chosen as the research subject. Data collection is done by giving written tests the ability to understand concepts. Questions in the form of descriptions that have been validated before being used. The results of this study show the average value of the ability to understand students' mathematical concepts is 10.06 which is included in the criteria of being. The results of concept analysis per indicator, it is known that students are very lacking in indicators applying relationships between concepts and procedures, then in applying the concept algorithmically. There are still many students who lack an understanding of concepts.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, E. A. (2017). Problem Posing sebagai Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163-180.
Alexandra, G., & Ratu, N. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Graded Response Models. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 103-112.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning Teaching and Assessing. New York: Longman.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Dewi, S. J., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan antara Self-Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189-198.
Ekafitria, E. (2012). Analisis Pemahaman Mahasiswa terhadap Konsep Limit Di Satu Titik. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 33-38.
Jihad, A., & Haris, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. (http:// http://eprints.uny.ac.id/6928/1/P-18%20Pendidikan%28Nila%20K%29.pdf).
Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193–200.
Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262.
Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 169–176.
Nuraeni, Y., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 85–94.
Nurhayati, Y. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Skripsi STKIP Garut: Tidak Diterbitkan.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Suherman, E. (2001). Strateg iPembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung. Alfabeta.
Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik melalui Cooperative Learning Tipe Pair Checks VS Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 1–6.
Van de Walle, J., A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.
Zulkardi. (2003). Pendidikan Matematika Republik Indonesia. http://pmri.or.id/, diakses tanggal 5 Agustus 2014.
DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats