Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII

Asurya Octaviyunas, Arta Ekayanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini didasari atas permasalahan pentingnya kemampuan penalaran matematis dan pencapaiannya yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap kemampuan penalaran matematika siswa, dan efektifitasnya dalam meningkatkan kemampuan tersebut. Populasi Penelitian eksperimen semu ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Balong. Kelas VIIA diberi pembelajaran dengan model TPS sedangkan kelas VIIB dengan model GQGA. Instrumen pengumpulan data berbentuk tes, meliputi soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran GQGA berpengaruh terhadap kemampuan penalaran siswa kelas VIIB dengan peningkatan yang terjadi dari nilai pretest ke posttest. Begitu juga dengan model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIIA dengan peningkatan nilai pretest ke posttest. Model pembelajaran GQGA tidak lebih efektif daripada model pembelajaran TPS dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.

 

The Effect of Learning Model Giving Question Getting Answer and Think Pair Share Toward Reasoning Mathematics Ability Student’s Grade VII

 

Abstract

This research is based on the problem of the importance of mathematical reasoning abilities and their low achievement. The purpose of this study was to determine the effect of Giving Question Getting Answer and Think Pair Share learning models on students' mathematical reasoning abilities and their effectiveness in enhancing these abilities. Population This quasi-experimental study included all seventh-grade students of Balong 1 Junior High School. The VIIA class is given learning with the TPS model while the VIIB class is with the GQGA model. The instruments of data collection are in the form of tests, including the questions of the pretest and posttest. The results showed that the GQGA learning model had an effect on the reasoning ability of students in class VIIB with an increase that occurred from the pretest to the posttest. Likewise, the TPS learning model influences the mathematical reasoning abilities of VIIA students with an increase in the value of the pretest to posttest. The GQGA learning model is no more effective than the TPS learning model in improving students' mathematical reasoning abilities.


Keywords


Model Pembelajaran; GQGA; TPS; mathematical reasoning abilities; Model Pembelajaran; GQGA; TPS; Kemampuan Penalaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Trigonometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 1–9.

Aisyah, E. S., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 3(1), 12–24.

Arikunto, S. (1995). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research Fouth Edition (Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research). Boston: Pearson Education, Inc.

Depdiknas. (2006). Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi sekolah dasar (p. 2006). Jakarta: Depdiknas.

Jainuri, M. (n.d.). Materi Pertemuan Ke- 6 Instrumen dan Uji Syarat Instrumen. Retrieved from https://anzdoc.com/instrumen-dan-uji-syarat-instrumen.html

Nasution, Y. S., & Surya, E. (2017). Application of TPS Type Cooperative Learning in Improving Student’s Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Science: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 116–125.

Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1–12.

Nurmanita, & Surya, E. (2017). Membangun Kemampuan Penalaran Matematis (Reasoning Mathematics Ability) dalam Pembelajaran Matematika. Retrieved July 10, 2018, from https://www.researchgate.net/publication/321825158

Sari, S. P. (2013). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIPE TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP (Studi Penelitian Ekspermen di SMPN 1 Banyuresmi Garut). Jurnal Pendidikan Mosharafa, 2(1), 37–54.

Siregar, N. (2016). Meninjau Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Wawancara Berbasis Tugas Geometri. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(2), 128–137.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Kumpulan Metode Pembelajaran . 1: 88-89. (pp. 88–89).

Syartika, Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Confidence Siswa . Universitas Lampung.

Wuryani, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats