Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Think Pair Share dan Think Talk Write

Hilmi Ramdayani Fauziah Nur Hanifah, Reni Nuraeni

Abstract


Abstrak

Perlu adanya upaya guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, karena fakta di lapangan menunjukkan rendahnya kemampuan matematis siswa tersebut. Salah satunya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Think Talk Write. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Think Talk Write. Metode penelitiannya adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Garut, dengan sampel sebanyak dua kelas yang terdiri dari 46 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian. Analisis data diawali dengan uji gain ternormalisasi, uji normalitas data gain ternormalisasi, kemudian uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran Think Pair Share dan Think Talk Write.

 

The Differences in Improving Students of Mathematical Problem Solving Ability Between Think Pair Share and Think Talk Write

 

Abstract

Teachers need help to improve students 'mathematical problem-solving skills because the facts in the field show the students' low mathematical ability. One of them is the use of Think Pair Share and Think Talk Write cooperative learning models. This research was conducted to analyze the differences in the improvement of students' problem-solving skills between those who get the cooperative learning model Think Pair Share and Think Talk Write types. The research method is quasi-experiment. The study population was all grade VII students of MTs Negeri 1 Garut, with a sample of two classes consisting of 46 students. The research instrument used was a description test. Data analysis begins with the normalized gain test, the normalized normality gain data test, then the Mann Whitney test. Based on the analysis results obtained from the research results obtained from the comparison between students' mathematical problem solving between those who get the Think Pair Share learning model and Think Talk Write.


Keywords


Mathematical problem solving; Think Pair Share; Think Talk Write; Pemecahan masalah matematis; Think Pair Share; Think Talk Write

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A., & Dahlan, J. A. (2017). Design Research in Fraction for Prospective Teachers. The 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017). Advances in Social Science, Education. 91-97.

Fajar, L. O. M. S & Sudia, M. (2016). Penerapan Model TTW (Think Talk Write) sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-5 SMPN 2 Raha. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 85-98.

Hidayati, R. (2017). Keefektifan Setting TPS dalam Pendekatan Discovery Learning dan Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Lingkaran SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 78-86.

Ilmiyah, S. & Marsiyah. (2013). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar. [Online]. Tersedia pada: http://dokumen.tips./documents/profil-pemecahan-masalah-matematika-siswa-smp-pada-materi-pecahan-ditinjau.html

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Redika Aditama.

NCTM. (1989). Curriculumand Evaluation Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

NCTM. (2000). Curriculum andEvaluation Standars for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Pitriani, R., & Afriansyah, E. A. (2017). Persepsi dalam Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Gantang, 1(2), 15-24.

Pratiwi, E. A., Rusdi, A., & Putri, A. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81-92. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.296

Putra, D. H, dkk. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 82-90.

Rahmatina, D. (2017). Penggunaan Perangkat Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 57-68. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.294

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sopian, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning. Jurnal Elemen, 3(1), 97-107.

Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik melalui Cooperative Learning Tipe Pair Checks VS Problem Based Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 1-6.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 90-96.

Utami, R. W. & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Journal UNY: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175.

Wardani, S. (2012). Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 9-16. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.167




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats