Mendesain Soal Berbasis Masalah untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Calon Guru

Ekasatya Aldila Afriansyah, Tatang Herman, Turmudi Turmudi, Jarnawi Afgani Dahlan

Abstract


Abstrak

Mahasiswa calon guru yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan konsep matematika ataupun konsep didaktiknya. Fokus keterampilan berpikir kritis matematis pada mahasiswa calon guru adalah kemampuan untuk mengidentifikasi permasalahan, mencari strategi, melakukan refleksi kembali, dan menganalisis permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain soal berbasis masalah yang valid dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa calon guru dalam berbagai materi pendidikan menengah. Penelitian ini mengambil jenis penelitian pengembangan, terdiri dari studi literatur, observasi, dan pengembangan soal. Kesimpulan dari penelitian ini hasil validasi expert menunjukan nilai validitas muka 80,35% dan nilai validitas isi 86,85%. Hal ini berarti soal-soal berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran dalam mata kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar 1 untuk mahasiswa calon guru.

 

Abstract

Prospective teacher students who can think critically mathematically are expected to be able to solve problems related to mathematical concepts or didactic concepts. The focus of mathematical critical thinking abilities on prospective teacher-students is the ability to identify problems, find strategies, reflect, and analyze mathematical problems. This study aims to design a valid and practical problem-based activity question to improve students' mathematical critical thinking abilities of prospective teachers in various secondary education materials. This research takes the type of Research and Development, consisting of a study of literature, observation, and development of questions. The conclusion from this study the results of expert validation showed an advance validity value of 80.35% and a value of content validity of 86.85%. This means that problem-based activity questions to improve mathematical critical thinking abilities can be used as learning material in the Kapita Selekta Mathematics Basic Education 1 course for prospective teacher students.

 


Keywords


mathematical critical thinking skills, problem-based student questions; prospective teachers; Research and Development; expert validation; kemampuan berpikir kritis matematis; soal berbasis masalah; mahasiswa calon guru; penelitian pengembangan; validasi

Full Text:

PDF

References


Abramovich, S., Grinshpan, A. Z., & Miligan, D. L. (2019). Teaching Mathematics through Concept Motivation and Action Learning. Hindawi: Education Research International, Volume 2019, Article ID 3745406, 1-13.

Afriansyah, E. A. (2017). Problem Posing merupakan Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163-180.

Afriansyah, E. A., & Dahlan, J. A. (2017). Design Research in Fraction for Prospective Teachers. the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017). Advances in Social Science, Education, 100, 91-97.

Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., & Sundayana, R. (2019). The analysis of mathematics with ATLAS. ti. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7), 077097.

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28-36.

Borg & Gall. (1983). Education Research. New York: Longman.

Chapman, O. (2015). Mathematics teachers’ knowledge for teaching problem solving. LUMAT, 3(1), 19-36.

Direktorat Jendral Pendidikan Menengah. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kemdikbud.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107-118.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47-54.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192.

Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F., & Ohtani, M. (2017). What Mathematics Education May Prepare Students for the Society of the Future?. Int J of Sci and Math Educ, 15(Suppl 1), S105–S123.

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, XXVI(1). 41-62.

Ika, Dinawati, T., & Nurcholif, D. S. L. (2012). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Kadikma, 3(3), 133-146.

Inan, C., & Erkus, S. (2017). The Effect of Mathematical Worksheets Based on Multiple Intelligences Theory on the Academic Achievement of the Students in the 4th Grade Primary School. Universal Journal of Educational Research, 5(8), 1372-1377.

Kuncara, A. W., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Materi Pokok Peluang Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4 (3), 352-365.

Maulana. (2019). Mengembangkan kemampuan berpikir investigatif matematis calon guru SD melalui strategi MURRDERR. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1-11.

Nengsih, S., & Septia. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Peluang untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163-180.

Nu’man, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114-128.

Nuryani. (2016). Tingkat Keterbacaan Soal Wacana Ujian Nasional (UN) Tingkat Sma Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2013/2014. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 57-66.

Pamungkas, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude Treatment Interaction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 122-130.

Pouyamanesh, J., & Firoozeh, L. (2013). Compared the Learning Outcomes of Students with Math in High and Low Frustration Tolerance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84. 837 – 840.

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29-37.

Rengganis, P. (2018). Efektifitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Materi Statistika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1838-1844.

Rusnilawati, & Gustiana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan CTL pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 190 – 202.

Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205-218.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95-102.

Sultika, B., & Hartijasti, Y. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas dan orientasi inovasi di tempat bekerja. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), 1(2), 179-199.

Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik melalui Cooperative Learning Tipe Pair Checks VS Problem Based Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 1-6.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep (Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum tingkat Satuan) Pendidikan. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats