Strategi Motivasi Green’s, Gaya Baru Pembelajaran Matematika pada Siswa Kemampuan Rendah di Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan deskripsi mengenai pembelajaran matematika yang menerapkan strategi motivasi Green’s mampu mendorong siswa yang memiliki kemampuan rendah semangat saat pembelajaran berlangsung. Gambaran pada artikel ini berupa penjelasan yang lebih rinci dibandingkan artikel sebelumnya, karena adanya foto siswa yang memperlihatkan tanggapan positif pada saat pembelajaran matematika menggunakan strategi motivasi Green’s berlangsung. Metode pembelajaran matematika dengan strategi motivasi Green’s terdiri dari empat prinsip yaitu mengukapkan bukti dari permasalahan, tersampaikannya aspirasi tinggi, memberikan opini (komentar) dan memberikan nilai atau hadiah. Metode penelitian berupa kualitatif dasar. Hasilnya berupa pendeskripsian pembelajaran matematika dengan menerapkan Green’s Motivational Strategies merupakan gaya baru pembelajaran matematika karena dapat memunculkan motivasi dan kepercayaan diri. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi motivasi Green’s perlu dipertimbangkan untuk menjadi salah satu pembelajaran matematika gaya baru khususnya pada pendidikan matematika Indonesia.
Green's Motivation Strategies, A New Style of Mathematics Learning in Low Ability Students in Indonesia
Abstract
The purpose of this study is to provide a description of mathematics learning that applies Green's motivation strategy to be able to encourage students who have low enthusiasm when learning takes place. The description in this article is a more detailed explanation than the previous article because there are photos of students who show positive responses when learning mathematics using Green's motivation strategy takes place. The mathematics learning method with Green's motivational strategy consists of four principles, namely providing evidence of the problem, conveying high aspirations, providing opinions (comments), and providing value (gifts). The research method is a basic qualitative. The result is a description of mathematics learning by applying Green's Motivational Strategies, which is a new style of learning mathematics because it can generate motivation and self-confidence. Therefore, learning mathematics by applying Green's motivational strategy needs to be considered to be a new style of mathematics learning, especially in Indonesian mathematics education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, 1(1), 45–62.
Anwar, S., & Amin, S. M. (2013). Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan di Kelas VI Mi Al-Ibrohimy Galis Bangkalan. Jurnal Pendidikan Matematika E-Pensa, 1(1), 1–6.
Dewi, S. S. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran CTL. JIPMat, 3(2), 145-155.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Al-Tafkir, XI(1), 85–99.
Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa melalui Pengelolaan Kelas. Evaluasi, 2(1), 294–310.
Fauziah, Safiah, I., & Habibah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Lesson Study di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30–38.
Hasanah, N. (2016). Upaya Guru dalam Mengatasi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, 2(2), 27–34.
Hernandes, V., Isnaini, M., & Testiana, G. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Komputer pada Materi Kesebangunan di Kelas IX MTs Negeri 1 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 281-292.
Ma’ruf, A. H., Syafi’i, M., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503–514.
Matitaputy, C. (2016). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113-119.
Mayasari, Y. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Studi Penelitian di SMP Negeri 5 Garut). Jurnal Riset Pendidikan, 2(01), 27-44.
Middleton, J. A., & Spanias, P. A. (1999). Motivation for Achievement in Mathematics: Findings, Generalizations, and Criticisms of the Research. Journal for Research in Mathematics Education, 30(1), 65–88.
Najib, D. A., & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28.
Nanang, N., & Sukandar, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa SDIT Miftahul Ulum Pada Operasi Bilangan Bulat Melalui CAI-Contextual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 71-82.
Nasution, M. D., Nasution, E., & Haryati, F. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan MATLAB. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 69-80.
Nurojab, E. S., & Sari, V. T. A. (2019). Hubungan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 329–336.
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan Learning Trajectory Based Instruction Materi Kerucut Menggunakan Konteks Megono Gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47-58.
Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al- Khwarizmi, 1, 43–48.
Rudhumbu, N. (2014). Motivational Strategies in the Teaching of Primary School Mathematics in Zimbabwe. International Journal of Education Learning and Development UK, 2(2), 76–103.
Sari, V. T. A. (2019). Students’ Understanding Ability in Solving Algebraic Problems. JEE(Journal of Education Experts, 2(2), 89–96.
Sari, V. T. A., & Nurfauziah, P. (2019). Development of Trigonometry Teaching Materials with Knisley Mathematical Models. In Proceedings ICSTI 2018, October 19-20, Yogyakarta, Indonesia (pp. 1–8). EAI.
Setyaningrum, D. U., & Mampouw, H. L. (2020). Proses Metakognisi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 275–286.
Siregar, I., Darhim, & Asih, E. C. M. (2017). Increasing Self-Confidence of Indonesian Low Ability Student with Green’s Motivational Strategies. Journal of Physics: Conference Series, 812(012104), 1–6.
Sugiarti, S., & Basuki, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Mosharafa, 3(3), 151-158.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.
Tarlina, W. H., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Creative Problem Solving. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(2), 42-51.
Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251-262.
DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats