Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar

Herikeu Meidia Sari, Ekasatya Aldila Afriansyah

Abstract


Abstrak

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar menjadi salah satu permasalahan yang ditemui saat belajar materi Aljabar. Banyak miskonsepsi yang ditemukan pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk miskonsepsi yang dialami siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cibatu kelas VII-H yang berjumlah sebanyak 32 siswa dengan 3 siswa dipilih secara purposive sampling untuk dijadikan partisipan pilihan. Teknik analisis data secara deskriptif melihat hasil jawaban siswa, hasil wawancara, serta dokumentasi menggunakan model Miles and Huberman, sehingga triangulasi data terpenuhi. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa miskonsepsi yang dialami siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar yang dikategorikan dalam empat jenis, diantaranya miskonsepsi generalisasi, miskonsepi notasi, miskonsepsi pengartian huruf dan misonsepsi aplikasi aturan. Diketahuinya keempat miskonsepsi ini diharapkan guru-guru dapat lebih waspada saat mengajar materi aljabar terhadap keempat miskonsepsi ini.

 

Analysis of Middle School Students' Misconceptions on the Material of Calculating Operations in Algebraic Forms

Abstract

The low ability of students to understand concepts in the algebraic arithmetic operation material is one of the problems encountered when learning algebra material. Many misconceptions are found in the arithmetic operation material in algebraic form. The purpose of this study was to determine the form of misconceptions experienced by students in the algebraic form of arithmetic operations. The research method used is qualitative. The research was conducted at SMP Negeri 1 Cibatu class VII-H, amounting to 32 students with 3 students selected by purposive sampling to be selected participants. The descriptive data analysis technique saw the results of students' answers, interviews, and documentation using the Miles and Huberman model so that data triangulation was fulfilled. From the results of the study, it was found that several misconceptions experienced by students in the algebraic arithmetic operation material were categorized into four types, including generalization misconceptions, notation misconceptions, letter interpreting misconceptions, and rule application misconceptions. Knowing these four misconceptions, it is hoped that teachers will be more vigilant when teaching algebraic material regarding these four misconceptions.

 


Keywords


ability to understand concepts; misconceptions; arithmetic operations in algebraic forms; qualitative methods; kemampuan pemahaman konsep; miskonsepsi; operasi hitung bentuk aljabar; metode kualitatif

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, E. A. (2012). Design Research: Konsep Nilai Tempat pada Penjumlahan Bilangan Desimal (Doctoral dissertation, Tesis yang tidak dipublikasikan berasal dari Beasiswa DIKTI dengan program IMPoME (International Master Program on Mathematics Education). Universitas Sriwijaya Palembang–Universitas UTRECHT Belanda).

Afriansyah, E. A. (2013). Design Research: Mengukur Kepadatan Bilangan Desimal. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi (Vol. 1).

Afriansyah, E. A. (2014). Addition and Substraction Numbers up to 10 through PMRI for SD/MI Level Students. International Postgraduate Colloqium of Research in Education 3rd IPCoRE.

Afriansyah, E. A. (2015). Students' Misconception in Decimal Numbers. In International Seminar on Teacher Education 1st ISTE UIN Suska Riau.

Afriansyah, E. A. (2016). Enhancing Mathematical Problem Posing via Realistic Approach. International Seminar on Mathematics. Science, and Computer Science Education MSCEIS.

Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., & Sundayana, R. (2019, December). The analysis of mathematics with ATLAS. ti. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1402, No. 7, p. 077097). IOP Publishing.

Clement, J. (1982). Algebra word problem solutions: Thought processes underlying a common misconception. Journal for research in mathematics education, 16-30.

Efendi, M. A. (2017). Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Herutomo, R. A. (2017). Miskonsepsi Aljabar: Konteks Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1-8.

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis Kesalahan dan Miskonsepsi Siswa Kelas VIII pada Materi Aljabar. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 134-145.

Iryani, I., Tandililing, E., & Hamdani, H. (2018). Remediasi Miskonsepsi Siswa dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) Berbantuan Simulasi PhET. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4).

Jumadi, S., & Hamdani, H. (2018). Menggali Miskonsepsi Siswa SD tentang Tata Surya Secara Lisan dalam Bahasa Dayak Suaid. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5).

Muntikoh, N. (2017). Strategi pembelajaran pencapaian konsep dalam pembelajaran matematika untuk meminimalisasi miskonsepsi matematika siswa (Bachelor's thesis).

Nurmawanti, I., & Sulandra, I. M. (2020). Exploring of Student’s Algebraic Thinking Process through Pattern Generalization using Similarity or Proximity Perception. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 191-202.

Pendidikan, B. S. N. (2006). Standar isi. Jakarta: BSNP.

Ramadhani, W. H., Hartoyo, A., & Mirza, A. (2015). Miskonsepsi Siswa Pada Materi Operasi Pada Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Haebat Islam (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Alfabeta.

Utami, R. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Cara Mengatasinya pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII-C SMP Negeri 13 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-44.

Wahyuni, T. N., Yusmin, E., & Suratman, D. (2016). Miskonsepsi Siswa pada Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Akar di Kelas X SMKN 1 Pontianak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats