Pengembangan Mobile Learning Barusikung Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Yesica Yesi Rachma, Danang Setyadi, Helti Lygia Mampouw

Abstract


Abstrak

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang penting untuk dikuasai siswa di sekolah khususnya pada materi pemahaman bentuk dan ruang, meskipun demikian masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengembangkan suatu aplikasi Mobile learning pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Langkah-langkahnya terdiri dari: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluations. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan praktis. Hasil uji coba terhadap 10 siswa menunjukkan bahwa media masuk dalam kategori baik. Selain itu Mobile learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest yang menunjukkan nilai signifikan. Mobile learning dapat membantu siswa memahami bentuk dan ruang pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.

  

The Expansion of Mobile Learning Barusikung Base Android on Solid Geometry

Abstract

Mathematics is one of the important subjects that students having to do in school especially to know shapes and geometry, although it is important to learn, many students still have difficulties in studying the material. It promotes the researcher to encourage an application of Mobile learning to solid geometry. This research is research and development using the ADDIE model. The step consists of Analysis, Design, Development, and Evaluations. The results show that the developed media is valid and practical. The trial results to ten students show that the media is good. The other than Mobile learning can increase students learning, it can be seen by pretest and posttest results that show significant value. Mobile learning can help students understand the form and space in the material of solid geometry.

 


Keywords


Android; Solid Geometry; Learning Media; Mobile learning; Android; Bangun Ruang Sisi Lengkung; Media Pembelajaran; Mobil Learning

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Merto.

Afriansyah, E. A. (2013). Design Research: Mengukur Kepadatan Bilangan Desimal. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi (Vol. 1).

Afriansyah, E. A. (2015). Students' Misconception in Decimal Numbers. In International Seminar on Teacher Education 1st ISTE UIN Suska Riau.

Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain Soal Berbasis Masalah untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Calon Guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 239-250.

Alam, Z. I., & Razak, F. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing untuk Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Segeri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-12.

Alias, M., Black, T. R., & Gray, D. E. (2002). Effect of instructions on spatial visualisation ability in civil engineering students. International Education Journal, 3(1), 1–12.

Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101.

Arifin, Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Bangun Sisi Lengkung di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 6(4), 1–13.

Attewell, J. (2009). The Impact Of Mobile learning. LSN

Buchori, Rasiman, Prasetyowati & Kartinah. (2015). Desain Produk Mobile learning Pada Mata Kuliah Geometri Dengan Pendekatan Matematik Realistik. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM.

Erleni, F. A. F. (2015). Rancang Bangun Alat Bantu Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Berbasis Multimedia (Study Kasus SMP Negeri 01 Bangkinang Seberang). ASTIN - Sains dan Teknolofi Informasi, 1.

Gunawan, I. (2011). Pengembangan Aplikasi Mobile learning Fisika Sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi.

Hutajulu, M., Senjayawati, E., & Minarti, E. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Kecakapan Matematis Pada Materi Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 365-376.

Khoirudin, K., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning dan Learning Trajectory yang Berorientasi pada Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 207-218.

Pranoto, Y. H. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Cerita Si Unyil Berbasis ICT. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 215-226.

Malley, C. O., Vavoula, G. Ruang, Glew, J. P., Taylor, J., Sharples, M., Lonsdale, P., Naismith, L., Waycott, J., Malley, C. O., Vavoula, G., Glew, J. P., Taylor, J., & Sharples, M. (2005). Guidelines for learning / teaching / tutoring in a mobile environment To cite this version : Public Deliverable from the MOBILearn Project (D.4.1).

Maulana, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile learning Platform Android Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Hidup ( K3Lh ) Pada Program Studi Ketenagalistrikan Untuk Materials for Students of Electrical Power Study Program of. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(2), 197–207.

Mayasari, Y., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Studi Penelitian di SMP Negeri 5 Garut). Jurnal Riset Pendidikan, 2(01), 27-44.

Mulyo, M. R. G. T., Sari, A. F., & Syarifuddin, A. (2019). Proses Berpikir Siswa Bergaya Kognitif Visualizer dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Non Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 167-178.

Nanang, N., & Sukandar, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa SDIT Miftahul Ulum Pada Operasi Bilangan Bulat Melalui CAI-Contextual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 71-82.

Nurhaeni, K., & Basuki, B. (2013). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa antara yang Menggunakan Metode Student Teams Achievement Division dengan Teams Games Tournament. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23-36.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan Learning Trajectory Based Instruction Materi Kerucut Menggunakan Konteks Megono Gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47-58.

Pangestu, N. S., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215-226.

Peluang, J. (2012). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 81.

Pratama, R. A., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2018). Mobile learning Berbasis Game Based Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 771–777.

Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307-318.

Putri, Atika Khaulah. (2016). Pengembangan Aplikasi Bulaker Adventure Game Sebagai Media Belajar Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5).

Razak, F., & Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 133-142.

Sadiyono, B. (2014). Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berfikir Kritis dan Prestasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 25-30.

Sadiyono, B., & Sri, S. (2014). Pendekatan Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Bidang Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 67-74.

Setyaningrum, D. U., & Mampouw, H. L. (2020). Proses Metakognisi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 275-286.

Sipayung, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana melalui Contextual Teaching and Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 401-412.

Siregar, I. (2016). Masalah Pembelajaran Pembuktian Matematika bagi Mahasiswa di Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 315-324.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeta .

Sundayana, R. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Mahasiswa Dalam Praktikum Analisis Data Statistik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 35-42.

Winarto, A. C. W. E., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Mobile learning Matematika Sebagai Suplemen Belajar SMA Kelas XI Pada Materi Irisan Kerucut. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32.

Yani, C. F., Maimunah, M., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203-214.




DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

Creative Commons License
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

 

View My Stats