Editorial Policies

Focus and Scope

PETIK : Pendidikan Teknologi Informasi berisi artikel - artikel pendidikan teknologi informasi termasuk juga temuan temuan yang bersifat sistem informasi. PETIK merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran inovatif atau bekerja dalam pendidikan teknologi informasi dengan lingkup :

1.  e - learning

2. desain pembelajaran

3. pengembangan desain sistem model pembelajaran

4. perancangan bahan ajar multimedia pembelajaran

5. dampak kebijakan -kebijakan TI dalam pendidikan

6. sistem informasi dan sistem informasi pendidikan

7. inovasi dan trend ti dalam pendidikan

8. big data & IoT

9. Teknologi Informasi

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

  1. Setiap artikel yang masuk akan diterima dan diperiksa oleh Editor in Chief. Artikel yang scope dan format penulisannya masih tidak sesuai dengan kriteria jurnal ini, maka akan ditolak tanpa masuk lebih lanjut pada proses manajemen review.
  2. Artikel yang sudah sesuai dengan kriteria jurnal akan diteruskan pada Section Editor untuk di proses lebih lanjut.
  3. Editor Section akan menugaskan minimal dua reviewer tiap artikel, dengan kemungkinan langsung diterima/ diterima dengan sedikit revisi/ diterima dengan banyak revisi/ ditolak. Reviewer ketiga akan ditugaskan ketika terjadi kemungkinan diantara kedua reviewer memiliki keputusan yang berbeda.
  4. Proses Review menggunakan Double Blind Review, artinya reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis pun tidak mengetahui identitas reviewer.
  5. Dalam proses review, reviewer melakukan kajian dan memberi pertimbangan terkait dengan kesesuaian antara judul, abstrak, metode, pembahasan (hasil temuan) dan kesimpulan. Selain itu, reviewer juga memberi pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah, teori referensi kekinian, dan hasil temuan.
  6. Hasil review dari kedua reviewer diterima oleh Section Editor untuk dikaji dan disampaikan kepada penulis, sebagai pertimbangan dan masukan untuk perbaikan.
  7. Penulis merevisi artikel sesuai dengan masukan dan saran dari kedua reviewer. Setelah selesai, penulis menyerahkan kembali hasil revisi artikel pada Section Editor.
  8. Section Editor menerima artikel hasil revisi untuk diperiksa similaritas atau unsur-unsur plagiasi dengan menggunakan Turnitin.
  9. Jika hasil similaritas masih cukup besar, artikel dikembalikan kepada penulis untuk direvisi kembali. Setelah selesai, penulis menyerahkan kembali hasil revisi artikel pada Section Editor.
  10. Editor Section memeriksa benar tidaknya revisi yang dilakukan oleh penulis. Jikalau sudah benar, Section Editor memberikan keputusan final apakah artikel diterima atau ditolak, berdasarkan perbaikan substansi dan manajemen artikel yang telah sesuai dengan kriteria artikel Jurnal PETIK.
  11. Editor in Chief bersama dengan Section Editor memproses artikel-artikel yang diterima untuk dilanjutkan ke tahap proses editing dan publishing.
  12. Jurnal PETIK tidak akan menggaransi atau menjanjikan keberterimaan suatu artikel atau proses review yang sangat singat kepada siapapun. Setiap artikel yang masuk, wajib mengikuti proses manajemen penerbitan artikel, dari mulai submit artikel sampai dengan artikel tersebut di publish.

 

 

Publication Frequency

Jurnal PETIK publish in Maret and September. Masing-masing 10 artikel per sekali terbit

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

About

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah jurnal yang berfokus pada Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK mengakomodasi semua penelitian dosen dan praktisi untuk mempublikasikan karya mereka secara luas. Artikel-artikel yang diterbitkan dalam PETIK telah ditinjau secara ganda oleh peer reviewer. Keputusan apakah artikel ilmiah diterima atau tidak dalam jurnal ini akan menjadi hak Dewan Editorial berdasarkan rekomendasi peer reviewer. Jurnal PETIK dengan edisi issn: 2460-7363 dan e-ISSN: 2614-6606. Penerbit Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Institut Pendidikan Indonesia Garut. Sedangkan publikasi dalam Jurnal PETIK diterbitkan dua kali setahun, yaitu pada bulan Maret dan September.

Harap baca dan pahami pedoman penulis secara menyeluruh. Penulis yang menyerahkan naskah kepada editor PETIK harus mematuhi pedoman penulis. Jika naskah yang dikirim tidak sesuai dengan pedoman atau menggunakan format yang berbeda, itu akan ditolak oleh tim editorial sebelum ditinjau. Tim Editorial hanya akan menerima naskah yang memenuhi persyaratan pemformatan yang ditentukan.