IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

Siti Husnul Bariyah, Kuntum An Nisa Imania

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil dari implementasi pembelajaran offline dengan tatap muka di kelas, (2) Mengetahui hasil dari implementasi pembelajaran online berbasis moodle. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan distribusi frekuensi yaitu menyimpulkan berdasarkan hasil rata-rata yang didapat selama penelitian berlangsung. Subjek peneliian ini adalah 18 mahasiswa jurusan pendidikan teknologi informasi tingkat III kelas A dan 19 mahasiswa jurusan pendidikan teknologi informasi tingkat III kelas B. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil implementasi pembelajaran offline dengan tatap muka di kelas, yang didapat dari keaktifan mahasiswa selama pembelajaran, partisipasi dalam diskusi dikelas, mengikuti pretest, sampai pada presentasi di kelas mendapatkan nilai rata-rata 71,79% untuk kelas A, dan 69,68% untuk kelas B. (2) Hasil implementasi pembelajaran online dengan moodle, dilihat dari aktifitas mahasiswa dalam mengakses konten yang dibuat oleh dosen dalam courses media pembelajaran ilmu komputer mendapatkan nilai rata-rata sebanyak 89,5 % untuk kelas A, dan 85,2% untuk kelas B.


Full Text:

PDF

References


.C.Ansani, S.Hadil,K.Susetyo, A.Triyanto, B.Pujicahyono, F.Djunaedi. I.Kusumantyas, Y.Nurtaqwa, “Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia” feb 2018. [Online]. Tersedia: https://apjii.or.id/content/read/39/264/ Survei-Internet-APJII-2017 [Diakses Tanggal 29 februari 2018.

. Prawiladilaga, DS, dkk . Mozaik teknologi pendidikan e-learning, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.

Bariah, S H, Imania, K A, I (2017) Pengembangan Evaluasi dan Penugasan Online Berbasis E-Learning Dengan Moodle Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Volume 6, Nomor 3.

Melfachrozi, M (2006). Penggunaan Aplikasi E-learning (Moodle) [online] tersedia di: http://ilmukomputer.com (9 maret 2013).

Nita, Isma (2011). Moodle Berdasarkan Filosofi Social Constructionist Pedagogy [online] tersedia di: http://edukasi.kompasiana.com/2011/01/11/moodle-333920.html

Renaldo, Ferri. (2007). Moodle dan Fitur-fiturnya. Ilmukomputer.com (IKC).

Prayitno, W. Implementasi Blended Learning Dalam Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Widyaiswara LPMP D.I.Yogyakarta

Hansananh, R. Anggraini, FD (2016) . Teacher’s Perception Towards Blended Learning: Jurnal Pemikiran & Penelitian Psikologi Tahun 2016, Vol. 11, No. 3, hal.129-134




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i2.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License