Pengembangan Aplikasi Sistem Database Virtual Community Digital Learning Nusantara (VCDLN) Menggunakan Model Waterfall Dan Pemrograman Terstruktur

Andri Suryadi, Deni Darmawan, Dian Rahadian, Dinn Wahyudin, Cepi Riyana

Abstract


 Abstract Along with the development of today's era and technology, humans are required to make changes, especially in the field of education. The challenges that occur in education are very complex, especially during the current covid-19 pandemic. All learning is carried out online/PJJ (distance learning) to minimize the spread of the covid-19 virus. So, the impact that occurs is that all schools must change all knowledge strategies face-to-face to Online Learning (PJJ). Of course, this is not easy because several things include teachers' readiness, student, and technology resources. In addition, if learning is carried out remotely, there must be other supporting materials, one of which is quality content. Quality content must go through a review process first. However, no forum can meet the needs of the review process, so there is a need for a community-based system that can accommodate the content review process to produce quality content. In this study, a learning community database system application was developed related to developing quality content. The development of this database system application will use the waterfall method with structured programming. The stages are carried out using the waterfall method, starting from analysis, design, implementation, testing, and maintenance. Meanwhile, structured programming is used when designing applications and implementing the waterfall method. So that with the application of this database system, it is hoped that the quality of the content to be published, especially in the field of education, will be guaranteed. Students will get the material as expected with quality content, especially with distance learning during this pandemic.

Keywordscontent, database system, waterfalls, quality

 

Abstrak Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi saat ini, manusia dituntut untuk dapat melakukan perubahan terutama di bidang pendidikan. Tantangan yang terjadi di bidang pendidikan sangat kompleks terlebih pada saat pandemi covid-19 sekarang ini seluruh pembelajaran dilakukan secara daring/PJJ (pembelajaran jarak jauh) untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19 tersebut. Maka, dampak yang terjadi adalah seluruh sekolah harus mengubah seluruh strategi pembelajaran yang selama ini tatap muka menjadi PJJ. Tentu hal tersebut tidaklah mudah karena beberapa hal diantaranya kesiapan dari sumber daya guru, siswa, dan teknologi. Selain itu, jika pembelajaran dilakukan secara jarak jauh maka harus ada materi pendukung lainnya salah satunya konten yang berkualitas. Konten berkualitas tersebut harus melewati proses review terlebih dahulu. Namun pada saat ini belum adanya wadah yang dapat memenuhi kebutuhan proses review tersebut sehingga perlu adanya sebuah sistem berbasis komunitas yang dapat mewadahi proses review konten tersebut sehingga dapat menghasilkan sebuah konten yang berkualitas. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi sistem database komunitas pembelajaran terkait dengan pembangunan konten yang berkualitas tersebut. Pengembangan aplikasi sistem database ini akan menggunakan metode waterfall dengan pemrograman terstruktur. Tahapan yang dilakukan menggunakan metode waterfall mulai dari analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sedangkan pemrograman terstruktur dipakai pada saat melakukan desain aplikasi dan implementasi pada metode waterfall. Sehingga dengan adanya aplikasi sistem database ini, diharapkan konten yang akan dipublikasi terutama di bidang pendidikan akan terjamin kualitasnya. Dengan adanya konten yang berkualitas, maka siswa akan mendapatkan materi sesuai dengan yang diharapkan terlebih dengan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini. 

Kata kunci konten sistem database waterfall kualitas



Full Text:

PDF

References


A. P. Soares, “ Peranan Manajemen Perubahan dalam Pertumbuhan Organisasi.,” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, p. 1689–1699, 2013.

M. P. S. J. P. T. Y. A. &. H. I. Rezky, “Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia,” dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2019.

M. P. d. K. R. Indonesia, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19), Jakarta: kemendikbud, 2020.

A. Anugrahana, “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar,” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 10, no. 3, p. 282–289, 2020.

A. M. Basar, “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19,” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 2, no. 1, p. 208–218, 2021.

D. M. J. N. &. A. R. Rahmawan, “Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital,” Jurnal Kajian Komunikasi, vol. 7, no. 1, p. 31, 2019.

S. S. H. a. Christiana Sri Wahyuni Kustiasih1, “Analisa dan Perancangan E-Learning Pembelajaran Pemrograman Dasar Kelas X SMK,” Teknodika, Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, vol. 16, no. 1, pp. 1-9, 2018.

N. P. Nani Pratiwi, “Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja,” Jurnal IIlmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, pp. 1-24, 2019.

A. S. O. &. S. I. Nurholiq, “Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) Dalam Meningkatkan Kualitas Produk,” Jurnal Ekonologi, vol. 6, no. 2, p. 393–399., 2019.

K. K. d. Informatika., Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2020.

R. S. Pressmann, “In Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach,” vol. 9781118592, 2010.

A. Suryadi, “Sistem Informasi Rekap Buku Online Menggunakan Metode Waterfall,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 101-108, 2020.

A. (. Suryadi, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Sivitas Akademika Universitas Terbuka,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 116, 2020a.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v8i1.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License