GAME ARTIFICIAL INTELEGENT: RAM CITY TOWER DENGAN ALGORITMA A*

Gina Rahayu Meliani, Andri Suryadi

Abstract


Game merupakan salah satu hasil kemajuan
teknologi yang paling banyak digunakan di semua kalangan.
Game dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian
banyak orang. Mulai dari game yang mudah sampai yang sulit
untuk dimainkan. Game memiliki banyak jenis yang
disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya. Masing-masing
game memiliki daya tarik yang berbeda, tergantung kebutuhan
pengguna. Dalam merancang sebuah game tentu memiliki
kesulitan tersendiri. Game disesuaikan dengan pola pikir
pembuatnya. Sebuah cara untuk merepresentasikan pola pikir
manusia dalam sebuah game dapat diartikan sebagai kecerdasan
buatan. Dalam beberapa game dapat ditemukan sebuah
kecerdasan buatan yang diimplementasikan seperti contohnya
game Tic Tac Toe. Sebuah game yang dirancang dengan
kecerdasan buatan lebih memicu cara berfikir pemainnya
karena kecerdasan buatan ini sengaja dibuat untuk memicu cara
berfikir pemain melawan komputer. Dengan adanya asumsi
seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa game yang
mengimplementasikan kecerdasan buatan dapat dijadikan
sebagai media pembelajaran sehingga belajar pun dapat lebih
menyenangkan jika disajikan dengan sebuah game. Kecerdasan
buatan memiliki beberapa jenis algoritma yang dapat
digunakan, salah satu contohnya adalah algoritma A*. Dengan
demikian game kecerdasan buatan dapat dijadikan sebuah
media pembelajaran yang disesuaikan dengan algoritma yang
akan kita gunakan. Salah contohnya adalah game RAM City
Tower. Game ini merupakan game kecerdasan buatan dengan
jenis game platform yang memakai algoritma A*. Game ini
dibuat untuk membantu pengguna mengenal antonim dalam
Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Achmad ,Balza.2006.Diktat Kecerdasan

Buatan.Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Virvou, M. (2005). Combining Software Games with

Education : Evaluation of Its Educational Effectivinnes.

Journal Educational Technology andSociety,8(2), 54 - 65.

Suryadi.Andri(2016). SISTEM PENDUKUNG

KEPUTUSAN SELEKSI UJIAN MASUK

PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN NBC

(NAÏVE BAYES CLASSIFIER). KINETIK, 2016

Suryadi, A.(2017). PERANCANGAN APLIKASI

GAME EDUKASI MENGGUNAKAN MODEL

WATERFALL. Jurnal PETIK Vol.3 No.1 2017




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i2.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License