Perancangan Sistem Seminar Hybrid menggunakan Framework Learning Content Management System

Nanang Durahman, Iman Hikmat Nugraha

Abstract


Abstrak — Penggunaan teknologi internet terus meningkat ditengah wabah pandemi covid tahun lalu. Berbagai kegiatan diharuskan tetap beroperasi baik bekerja dan belajar sehingga banyak yang memanfaatkan internet dan teknologi informasi dalam aktifitasnya. Pembatasan sosial dalam mengumpulkan orang dalam jumlah besar membuat kegiatan video conference menjadi pilihan seperti kegaitan seminar atau workshop. Dalam pelaksanaanya kegiatan penyelenggaraan seminar memiliki kekurangan dalam pengelolaan seperti pengelolaan pendaftaran, pelaksanaan, dan publikasi e-sertifikat yang belum terintegrasi dengan sertifikat serta e-tiket bagi pelaksanaan bersifat blended hybrid secara ofline. Tujuan dari penelitian ini merancangan dan menyediakan sistem webinar untuk memudahkan pelaksanaan webinar yang terintegrasi, berdasarkan permasalah tersebut dibutuhkan sistem yang dapat menanganinya, sehingga dapat memudahkan dan membantu dalam menyelenggarakan webinar. Tahapan penelitian yang dilakukan dan pengembangan sistem seminar menggunakan metodologi Waterfall, yaitu diawali Tahap Perencanaan, Tahap analisis, Tahap perancangan, Tahap pengkodean dan Tahap Implementasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sistem yang dibuat secara fungsional dapat memenuhi kebutuhan dalam pelaksanaan seminar online dan offline atau hybrid.

KeywordsSistem, Hybrid, Seminar, LCMS

 

AbstractThe use of internet technology continues to increase amid the outbreak of the covid pandemic last year. Various activities are required to continue to operate both work and study so that many use the internet and information technology in their activities. Social restrictions on gathering large numbers of people make video conferencing an option like seminar or workshop activities. In its implementation, the implementation of seminar activities has deficiencies in management such as management of registration, implementation, and publication of e-certificates that have not been integrated with certificates and e-tickets for offline blended hybrid implementation. The purpose of this study is to design and provide a webinar system to facilitate the implementation of integrated webinars. Based on these problems, a system is needed that can handle them, so that it can facilitate and assist in holding webinars. The stages of the research carried out and the development of the seminar system used the Waterfall methodology, which started with the Planning Stage, the Analysis Stage, the Design Stage, the Coding Stage and the Implementation Stage. The results of this study indicate that the system created functionally can meet the needs of conducting online and offline or hybrid seminars.

Keywords —  System, Hybrid, Seminar, LCMS


Full Text:

PDF

References


] Lusiani, Titik. Nunuk Wahyuningtyas. 2018. Impelementasi Sistem Administrasi Seminar Nasional berbasis Web pada balai riset dan Standarisasi Industri Surabaya. STIKOM Surabaya

] Yoza, Hafid Putra,a, Hafizah Hanima , Afriyanti Dwi Kartikaa. 2020. Pembangunan Aplikasi Web dan Mobile Sistem Informasi Webinar di Era New Normal. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 6 Nol 2 2020 hal 108-115

] A. I. Mansyur, R. Purnamasari, and R. M. Kusuma, “Webinar Sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah Untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online),” vol. 4, pp. 26–30, 2019.

] A. I. Mansyur, R. Purnamasari, and R. M. Kusuma, “Webinar Sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah Untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online),” vol. 4, pp. 26–30, 2019.

] J. Ambarita and E. Yuniati, “Indonesian Journal of Instructional Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Teknologi Dalam Seminar Online Di Masa Covid-19,” vol. 1, pp. 1–8, 2020.

] Gogali, V. A., Tsabit, M., & Syarief, F. (2020). Pemanfaatan Webinar Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-2019 ( Studi Kasus Webinar BSI Digination " How To Be A Youtuber And An Entrepreneur "). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2), 182–187.

] Z. M. N. Nanang Durahman, “Aplikasi Seminar Online (Webinar) Untuk Pembinaan Wirausaha Baru,” J. Manaj. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 111–120, 2019.

] S. K. Wang and H. Y. Hsu, “Use of the webinar tool (elluminate) to support training: The effects of webinar-learning implementation from student-trainers’ perspective,” J. Interact. Online Learn., vol. 7, no. 3, pp. 175–194, 2008.

] A. Verma and A. Singh, “Webinar - Education through digital collaboration,” J. Emerg. Technol. Web Intell., vol. 2, no. 2, pp. 131–136, 2010.

] A. Verma and A. Singh, “Leveraging Webinar for student learning,” Int. Work. Technol. Educ. T4E’09, pp. 86–90, 2009.

] B. O. Lubis, “Penerapan Global Extreme Programming Pada Sistem Informasi Workshop, Seminar Dan Pelatihan Di Lembaga Edukasi,” Informatika, vol. 3, no. September, pp. 234–245, 2016.

] A. Nugroho, “Aplikasi Web Informasi Dan Registrasi Peserta Seminar , Workshop , Talkshow Pada Acara Seminar Nasional Pengamplikasian Telematika,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., no. November, pp. 1– 15,2016.

] B. Febriadi and P. P. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi E-register International Conference Berbasis Online Pada Universitas Lancang Kuning,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, p. 132, 2019.

] A. H. Arribathi, S. Saryani, and H. Haris, “Perancangan Aplikasi Smart Seminar Dan Workshop Berbasis Website,” J. CERITA, vol. 5, no. 2, pp. 156–164, 2019.

] D. Oktaviani and S. Hidayat, “Rancang Bangun Portal Seminar Nasional Berbasis Web,” Semin. Nas. Telekomun. dan Inform. (SELISIK 2018), no. August, pp. 297–305, 2018.

] Pressman, R. S., Software Engineering In: A Practitioner's Approach. s.l.: Mc-Graw Hill, 2010.

] Supriatna, Rudi. 2018. Implementasi dan user acceptance test (UAT) terhadap Aplikasi E-Learning pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kota Banda Aceh : Universitas ilman Negeri Ar-Raniry Darusalam Banda Aceh




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v9i1.2322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Creative Commons License