Pengembangan Modul Ajar Digital Fotografi
Abstract
Abstrak —. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) menghasilkan modul ajar digital yang terdiri atas modul ajar digital fotografi, panduan dosen, dan panduan mahasiswa. 2) menghasilkan paket pembelajaran yang terdiri atas modul ajar yang tervalidasi, praktis, efektif dari segi penggunaan waktu dan menarik. Merancang modul ajar sesuai analisis kebutuhan mahasiswa dengan pengorganisasian materi yang memadukan teori dan praktik dan memiliki daya tarik. Diharapkan dengan modul ajar digital ini dapat membantu mahasiswa mendapakatkan pengetahuan mengenai fakta, konsep dan prosedur pemotretan yang benar agar dapat mengatasi masalah sulitnya belajar fotografi. Pengembangan produk berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dan desain pembelajaran model Dick & Carey dengan tahapan: (1) Identifikasi tujuan umum pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) menganalisis karakteristik peserta didik, (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembeiajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif, (9) merevisi produk pembelajaran. Hasil penelitian menyimpulkan produk modul ajar digitan Fotografi layak untuk di gunakan di pembelajaran matakuliah Fotografi
Kata Kunci— Modul Ajar digital, Modul Fotografi,
Abstract —The aims of this research are: 1) to produce digital teaching modules consisting of digital photography teaching modules, lecturer guides, and student guides. 2) produce learning packages consisting of teaching modules that are validated, practical, effective in terms of time use and interesting. Designing teaching modules according to student needs analysis by organizing material that combines theory and practice and has appeal. It is hoped that this digital teaching module can help students gain knowledge about facts, concepts and correct shooting procedures so that they can overcome the difficulty of learning photography. Product development based on the study of learning technology and the learning design of the Dick & Carey model with the following stages: (1) Identifying general learning objectives, (2) conducting learning analysis, (3) analyzing student characteristics, (4) formulating specific learning objectives, (5) developing benchmark reference test items, (6) developing learning strategies (7) developing and selecting learning materials (8) designing and conducting formative evaluations, (9) revising learning products. The results of the study concluded that digital photography teaching module products were appropriate for use in photography courses
Keywords— Digital Teaching Module, Photography Module
Full Text:
PDFReferences
Nizam, “ https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/tujuan,” Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Dirjendikti, April 2020. [Online].
Munir, embelajaran Digital, Bandung: Alfabeta, 2017.
P. Setyosari, Pengajaran Modul (Buku Penunjang Pekuliahan), Malang: Elang Mas, 2015.
D. P. Nasional, Panduan Pengembangan Bahan Ajar., Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2008.
W. a. C. L. C. J. O. Dick, The Systematic Design of Intruction (5 th ed, USA : Addison Wesley Educational Publisshers Inc., 2001.
E. Mulyasa, Pembelajaran Berbasis Kompetensi Konsep, karakteristik dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.
A. Prastowo, Panduan Praktis Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Nasution., Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
W. d. A. T. Rusyan, Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
M. Harijanto, “Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar,” Jurnal Didaktika, vol. 2, no. 1, pp. 216 - 226., 2007.
P. d. Surjono, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan IPTPI, vol. 3, no. 2, pp. 151-165, 2016.
DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v9i1.2735
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() |