Pengembangan Keterampilan Kominikatif Antar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Pembelajaran IPS Materi Perpajakan

elsye roslina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap permasalahan interaksi  sosial khususnya mengenai kelemahan keterampilan komunikatif siswa. Berdasarkan observasi awal di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Cikoneng, terdapat adanya permasalahan mengenai kelemahan keterampilan komunikatif siswa dalam berinteraksi dengan siswa lain. Untuk menanggapi hal tersebut, diperlukan adanya penyusunan strategi pembelajaran dalam pelajaran IPS. Penelitian ini  dilakukan  di SMP Negeri 1 Cikoneng sedangkan yang menjadi subjek  penelitian  adalah  siswa kelas VIII-A. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model  pembelajaran  kooperatif  teknik two stay two stray dalam pelajaran IPS. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penilaian keterampilan komunikatif dan kooperatif siswa, dan dicatat dalam catatan lapangan. Untuk teknik pengumpulan  data  digunakan pedoman observasi, catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Pembelajaran selama penelitian, pertama dimulai dengan menentukan SK/KD dan penyusunan RPP, kedua menerangkan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray beserta indikator-indikator keterampilan komunikatif yang akan dikembangkan, ketiga menunjukkan adanya perkembangan keterampilan komunikatif siswa pada siklus 1 pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 2, keempat merefleksikan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan teknik two stay two stray. Kesimpulan, keterampilan komunikatif siswa mengalami perkembangan yang signifikan pada siklus II pertemuan 2. Saran bagi peneliti selanjutnya,  peneliti berharap peneliti selanjutnya dapat meneruskan kembali penelitian ini  dan dapat mengembangkan metode yang lebih baik, agar mencapai hasil yang lebih maksimal.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pusat Kurikulum-Badan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kesuma, et al. (2011). Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.

Munthe, B. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: konsep dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sapriya, et al. (2008). Konsep Dasar IPS. Bandung: CV Yasindo Multi Aspek.

Saptono. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N dan Ibrahim. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyanto, (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Supardan, D. (2009). Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Striktural. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wahab, AA. (2009). Metode dan Model-Model Mengajar: Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: CV Alfabeta.

Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiryanto. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasin




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License