PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL
Abstract
ilmu dari guru kepada siswa saja, didalmnya juga harus disertai
beberapa inovasi agar tidak menimbulkan kebosanan saat proses
pembelajaran berlangsung. Pembelajaran konvensional yang terus
berlangsung dari dulu hingga sekarang tanpa penggunaan media
sebagai penyampai materi ajar membuat kurangnya motivasi
belajar siswa yang berpengaruh pada pemahan terhadap materi
ajar yang disampikan oleh guru. Pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran berupa game dapat
mempengaruhi motivasi belajar siswa dan seiring dengan itu
pemahan siswa pun akan dapat ditingkatkan. Dengan adanya hal
itu maka kami membangun suatu game edukasi yang diadopsi dari
game yang telah ada sebelumnya dan diberi inovasi berupa soalsoal yang berkaitan dengan materi ajar, khususnya materi TIK
untuk jenjang Sekolah menengah pertama. Dalam game ini
pengembang menggunakan aplikasi adobe flash yang nantinya
diharapkan dapat memudahkan pemudahkan para siswa dalam hal
ini pemain dapat memaminkan game dengan mdah, karena user
interface yang sederhana dan dapat dipahami walau dengan
pemahaman yang kurang terhadap game tersebut. Didalam game
ini pemiankan bermain menggunakan bidak dengan patokan jumlah
dadu yang keluar setelah tombol kocok di putar. Didalam game ini
disediakan dua orang pemain yang mana jika pemain maju dan
mendapat pertanyaan serta dapat menjawab maka pemain dapat
terus bemain dan mendapat skor, namun jika sebaliknya pemin itu
harus mundur beberapa langkah dari kolom yang sedang bidak nya
tempati
Full Text:
PDFReferences
Zamroni, Rosidi .at.al. 2013. Rancang Bangun Aplikasi
Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan
HTML 5.
http://journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROS
IDI.pdf, diakses pada 7 Oktober 2016.
Anonim. 2012. Penggunaan Unity3D untuk
penelusuran virtual pada Rumah Susun di Tambora.
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012
-2-01246 AR%20Bab2001.pdf, diakses pada 7 Oktober
Hermawan, Galih. Heryant, Arizonanataliyati. 2013.
Game Shopping Time.
https://www.researchgate.net/profile/Galih_Herma
wan2/publication/299616480_Game_Shopping_Time/l
inks/57032ce208aea09bb1a30d8a.pdf?origin=publicati
on_list, diakses pada 7 Oktober 2016.
Monde, Anggi.2011. game edukasi sejarah Nabi
Muhammad SAW .
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/621/jbptunikomppgdl-anggimonde-31041-11-unikom_a-i.pdf, diakses
pada 2 Januari 2017.
Sulai, Mulki. 2013. Game Edukasi Pariwisata
Indonesia.
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/561/jbptunikomppgdl-mulkisulai-28046-8-13_uniko-3.pdf, diakses pada 2
Januari 2017.
DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |