EVALUASI PELAKSANAAN KERJA PRAKTIK MAHASISWA DIPLOMA 3 TEKNIK INFORMATIKA DI AMIK GARUT JOB EVALUATION OF DIPLOMA STUDENTS OF INFORMATICS ENGINEERING AMIK GARUT

. Irwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapan
mahasiswa program diploma 3 teknik informatika Akademik
manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut dalam
menghadapi kerja praktik; (2) mengetahui kesiapan Program Studi
Teknik Informatika AMIK Garut menyelenggarakan kerja praktik;
(3) mengetahui persiapan pihak DUDI melaksanakan program
kerja praktik; (4) menjelaskan pelaksanaan kerja praktik yang
dilakukan di DUDI; (5) menjelaskan hasil pelaksanaan kerja
praktik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi dengan
menggunakan model evaluasi countenance/stake. Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa AMIK Garut Program Studi
Teknik Informatika sudah siap melakukan kerja praktik; (2) kampus
AMIK Garut sangat siap menyelenggarakan kerja praktik; (3)
aktivitas mahasiswa melaksanakan kerja praktik telah berjalan
dengan baik dan (4) aktivitas dosen pembimbing juga sudah baik;
(5) aktivitas instruktur kerja praktik juga dilaksanakan dengan baik


Full Text:

PDF

References


Afianti, T. (2010). Pembelajaran berbasis studentcentered learning. Diambil pada tanggal 12 Oktober

, dari http://inparametric.com/

bhinablog/download/pembelajaran_berbasis_scl.pd

f

Arnanto, G., & Triyono, M. (2014). Keefektifan

pembelajaran berbantuaan internet di SMK se-kota

Yogyakarta kompetensi keahlian teknik komputer

dan jaringan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (3).

Retrieved from

http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/

/2111.

Azwar, S. (2008). Penyusunan skala psikologi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2008). Reliabilitas dan validitas.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BPS. (2014). Laporan bulanan data sosial ekonomi.

Diambil pada tanggal 5 februari 2014. Jakarta: BPS.

Carman, P. S., & Watson, H. (2003). Framework for

work-based foundation skills. In P. King & T.. Ferro

Eds, second Eastern Regional Adult Education

Research Conference Proceedings. University Park,

PA: Collage of Education, Penn State University.

Dikti. (2004). Strategi dan kebijakan jangka

panjang pendidikan tinggi 2003- 2010. Jakarta:

Depdiknas.

Field, A. (2000). Discovering statistics using SPSS

for windows. London Sage Publications.

Khamdi, W. (November 2008). Project based

learning: pendekatan pembelajaran inovatif.

Makalah disampaikan pada Pelatihan Penyusunan

Bahan Ajar Guru SMP dan SMA Kota Tarakan, di

Tarakan.

Mukminan, Khamdi, W., & Sofyan, H. (2008).

Panduan pengembangan model pembelajaran

berbasis kompetensi. Jakarta: Dikti.

Soenarto. (2003). Kilas balik dan masa depan

pendidikan dan pelatihan kejuruan. Pidato

pengukuhan guru besar, Universitas Negeri

Yogyakarta, Yogyakarta.

Susanto, R & Sudira, P. (2016. Evaluasi sarana dan

prasarana praktik teknik komputer dan jaringan di

SMK Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan

Vokasi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 54-65, mar. 2016. ISSN

-9401. Available at:

/8115>. Date accessed: 14 july 2016.

Tilaar, H. A. R. (1991). Sistem pendidikan yang

modern bagi pembangunan masyarakat industri

modern berdasarkan pancasila. Makalah

disampaikan pada KIPNAS V di Jakarta pada

tanggal 23 September 1991.

Timilehin, E. H. (2012). School facilities as

correlates of students’ achievement in the affectie

and psychomotor domains of learning. European

Scientific Journal, 8, 208-215.

Wotto. (2000). Manajemen peralatan dan bahan

praktik. Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Creative Commons License