EVALUASI PELAKSANAAN KERJA PRAKTIK MAHASISWA DIPLOMA 3 TEKNIK INFORMATIKA DI AMIK GARUT JOB EVALUATION OF DIPLOMA STUDENTS OF INFORMATICS ENGINEERING AMIK GARUT
Abstract
mahasiswa program diploma 3 teknik informatika Akademik
manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut dalam
menghadapi kerja praktik; (2) mengetahui kesiapan Program Studi
Teknik Informatika AMIK Garut menyelenggarakan kerja praktik;
(3) mengetahui persiapan pihak DUDI melaksanakan program
kerja praktik; (4) menjelaskan pelaksanaan kerja praktik yang
dilakukan di DUDI; (5) menjelaskan hasil pelaksanaan kerja
praktik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi dengan
menggunakan model evaluasi countenance/stake. Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa AMIK Garut Program Studi
Teknik Informatika sudah siap melakukan kerja praktik; (2) kampus
AMIK Garut sangat siap menyelenggarakan kerja praktik; (3)
aktivitas mahasiswa melaksanakan kerja praktik telah berjalan
dengan baik dan (4) aktivitas dosen pembimbing juga sudah baik;
(5) aktivitas instruktur kerja praktik juga dilaksanakan dengan baik
Full Text:
PDFReferences
Afianti, T. (2010). Pembelajaran berbasis studentcentered learning. Diambil pada tanggal 12 Oktober
, dari http://inparametric.com/
bhinablog/download/pembelajaran_berbasis_scl.pd
f
Arnanto, G., & Triyono, M. (2014). Keefektifan
pembelajaran berbantuaan internet di SMK se-kota
Yogyakarta kompetensi keahlian teknik komputer
dan jaringan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (3).
Retrieved from
http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/
/2111.
Azwar, S. (2008). Penyusunan skala psikologi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2008). Reliabilitas dan validitas.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BPS. (2014). Laporan bulanan data sosial ekonomi.
Diambil pada tanggal 5 februari 2014. Jakarta: BPS.
Carman, P. S., & Watson, H. (2003). Framework for
work-based foundation skills. In P. King & T.. Ferro
Eds, second Eastern Regional Adult Education
Research Conference Proceedings. University Park,
PA: Collage of Education, Penn State University.
Dikti. (2004). Strategi dan kebijakan jangka
panjang pendidikan tinggi 2003- 2010. Jakarta:
Depdiknas.
Field, A. (2000). Discovering statistics using SPSS
for windows. London Sage Publications.
Khamdi, W. (November 2008). Project based
learning: pendekatan pembelajaran inovatif.
Makalah disampaikan pada Pelatihan Penyusunan
Bahan Ajar Guru SMP dan SMA Kota Tarakan, di
Tarakan.
Mukminan, Khamdi, W., & Sofyan, H. (2008).
Panduan pengembangan model pembelajaran
berbasis kompetensi. Jakarta: Dikti.
Soenarto. (2003). Kilas balik dan masa depan
pendidikan dan pelatihan kejuruan. Pidato
pengukuhan guru besar, Universitas Negeri
Yogyakarta, Yogyakarta.
Susanto, R & Sudira, P. (2016. Evaluasi sarana dan
prasarana praktik teknik komputer dan jaringan di
SMK Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan
Vokasi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 54-65, mar. 2016. ISSN
-9401. Available at:
/8115>. Date accessed: 14 july 2016.
Tilaar, H. A. R. (1991). Sistem pendidikan yang
modern bagi pembangunan masyarakat industri
modern berdasarkan pancasila. Makalah
disampaikan pada KIPNAS V di Jakarta pada
tanggal 23 September 1991.
Timilehin, E. H. (2012). School facilities as
correlates of students’ achievement in the affectie
and psychomotor domains of learning. European
Scientific Journal, 8, 208-215.
Wotto. (2000). Manajemen peralatan dan bahan
praktik. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | |||