PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MTS

Irena Puji Luritawaty, Reni Nuraeni

Abstract


Kemampuan komunikasi matematik yang masih rendah
di kalangan siswa menjadi latar belakang dilakukannya penelitian
ini. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektifitas model
pembelajaran Inside-Outside-Cirlce dalam upaya meningkatkan
kemampuan komunikasi matematik pada siswa. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas IX di salah satu Madrasah
Tsanawiyah (MTs) swasta di kabupaten Garut, dengan sampel yaitu
siswa kelas IXB dan IXC. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan komunikasi matematik.
Instrumen tersebut digunakan dalam pretest dan posttest. Analisis
data yang dilakukan terhadap hasil pretest yaitu diawali dengan uji
normalitas kemudian uji Mann Whitney. Sedangkan pada hasil
posttest, analisis data diawali dengan uji normalitas , uji
homogenitas, kemudian uji t. Secara garis besar, hasil penelitian ini
menunjukan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematik
siswa yang memperoleh pembelajaran Inside-Outside-Circle lebih
baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ceramah
biasa


Full Text:

PDF

References


Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning and

Communicating. K-8: Helping Children Think

Mathematically. New York: MacMillan Publishing

Company.

Hendriana, H. dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian

Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lie, A.(2008). Comparative Learning. Jakarta: Gramedia

Widia Sarana Indonesia.

Russefendi, H. E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian

Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung:

Tarsito.

Soemarmo, U. (2003). Pembelajaran Matematika untuk

Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Makalah pada Pelatihan Guru

Matematika, Jurusan Matematika ITB Bandung.

Trends in International Mathematics and Science Study.

(2007). International Mathematics Report: Findings

from IEA’s Trends in International Mathematics and

Science Study the Fourth and Eight Grades. Boston:

TIMSS & PIRLS International Study Center.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License