PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA ARTICULATE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA

Yuniar Purwanti, Mega Achdisty Noordina

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui kreativitas
mahasiswa melalui pembelajaran berbasis multimedia
articulate, menganalisis efektivitas pembelajaran berbasis
multimedia articulate dalam meningkatkan kreativitas
mahasiswa, mengidentifikasi sikap mahasiswa terhadap
pembelajaran berbasis multimedia articulate. Digunakan
metode kuantitatif dengan kuasi eksperimen, instrument
berbentuk tes, non tes, dan program pembelajaran berbasis
multimedia dengan software articulate, subyek penelitian
adalah mahasiswa tingkat dua STKIP Garut. Prosedur
penelitian meliputi tahap: pertama pendahuluan,
diidentifikasi program dalam penyusunan program/software
pembelajaran, kedua pelaksanaa, meliputi tes awal ,
treatment, dan ketiga analisis data, pembahasan dan
penyimpulan. Kesimpulan penelitian : kreativitas mahasiswa
yang mendapatkan pembelajaran berbasis multimedia
Articulate lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang
mendapatkan pembelajaran dengan pembelajaran
konvensional, pembelajaran berbasis multimedia articulate
efektif dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa dengan
kriteria sedang, sikap mahasiswa bersifat positif terhadap
pembelajaran berbasis multimedia articulate.


Full Text:

PDF

References


Ariani, N. (2010). Pembelajaran Multimedia di

Sekolah. Solo. Qiblat Press.

Costa, A. L. (2001), Developing Minds A Resource

Book For Teaching Thinking. 3rd edition,

Alexandria - Virginia. Association For Supervision

and Curriculum Development.

Darmawan, D.( 2011). Teknologi Pembelajaran.

Bandung. Remaja Rosdakarya.

Depertemen Pendidikan Nasional. (2004). Standar

Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah

Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah,

Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Liliasari, (2010). Pengembangan Ketrampilan

Berpikir Melalui Pembelajaran Sains Menuju Masa

Depan dalam Teori, Paradigma, Prinsip, dan

Pendekatan Pembelajaran MIPA. FMIPA UPI

Munandar, U. (2002). Kreativitas Dan

Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi

Kreatif Dan Bakat. Jakarta. Grafindo Pustaka

Utama.

Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi

Informasi dan Komunikasi. Bandung. Alfabeta.

National Council of Teachers of Mathematics.

(2000). Principles and Standards for School

Mathematics. United State: Nasional Council of

Teachers of Mathematics, Inc.

Palendeng. (2003). Strategi Pembelajaran

Aktif.Jakarta: Rineka Cipta

Poedjiadi, A. (2005).Sains Teknologi Masyarakat,

Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai.

Bandung. Remaja Rosdakarya.

Rusefeendi,E.T (1991) . Pengantar Kepada

Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya

dalam pembelajaran Matematika Untuk

Meningkatkan CBSA.Bandung:Tarsito

Samodra, dkk. (2008). Multimedia Pembelajaran

Reproduksi Pada Manusia. Jurnal Teknologi

Informasi. Volume 5 Nomor 2, Oktober 2008

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi

Matematik : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Di

Kembangkan Pada Peserta Didik. Bandung :

FPMIPA UPI

Suryadi, D. (2005) Pengamatan Pendekatan

Pembelajaran Tidak Langsung Serta Pendekatan

Langsung dalam Rangka Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Tingkat

Tinggi Siswa SLTP. Bandung. UPI. Desertasi.

Tidak dipublikasikan.

Warsita, B. (2008). Dasar-dasar Teknologi

Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License