Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan

nurlaela nurlaela

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan siswa Sekolah Dasar masih kurang.Siswa masih banyak melakukan kesalahan (penulisan huruf dalam kata atau kalimat masih ada kekurangan) dan siswa kurang bisa menyusun dan menulis kata menjadi kalimat.Hal ini terjadi karena guru kurang maksimal dalam menggunakan metode atau media pembelajaran.Dengan menggunakan media kartu huruf, diharapkan proses pembelajaran menulis dapat menarik siswa untuk belajar dan mempermudah siswa dalam menghafal dan meniru huruf atau kata. Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelasISDNegeriLenteng Agung 11 Kecamatan Jagakarsa JakartaSelatantahunajaran2016/2017,yang berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  diperolehmenunjukkan  bahwa kemampuan  menulis  permulaan  siswa  mengalami  peningkatan.  Hal  ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu (1) pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 69,50, (2) pada siklus II, nilai rata-rata siswa sebesar 74,41, dan (3) pada siklus III, nilai rata-rata siswa adalah 83,06. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwapenggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan menulispermulaan siswa kelas I SD Negeri Lenteng Agung 11 Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan

Full Text:

PDF

References


Arsyad,Azhar.(2007). MediaPembelajaran. Jakarta: Pt. Raja GrafindoPersada.

Churiyah, dkk.(2009). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasadan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Depdiknas.(2006). Kurikulum2006: Mata Pelajaran Bahasa IndonesiaSekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.

Fitriyah, N.F. (2010). Penggunaan Media Kartu Huruf dan Kartu Kata melaluiPermainan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan SiswaKelas I SDN Sidimoro 01 Kecamatan Bululawang.Skripsi UNM : FIP

Hartati dan Churiyah.(2010). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diKelas Rendah. Bandung: UPI Press.

Kasbolah,K.(1998/1999).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi ProyekPendidikan Sekolah Dasar.

Putri D.E. (2010). Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Kartu Huruf pada Siswa Kelas I SDN I Saung Baung Muara Bulian.Universitas Jambi : Skripsi. FKIP

Resmini, dkk.(2006). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasadan sastra Indonesia.Bandung: UPI Press.

Resmini dan juanda.(2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di KelasTinggi. Bandung: UPI Press.

Resmini dan Hartati.(2007). KapitaSelekta. Bandung: UPI Press.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan PraktikPengembangan KTSP. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Surya, Muhammad. (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.

Solchan, T.W. dkk. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta:Penerbit Universitas Terbuka.

Supardi dan Suhardjono.(2011). Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1988). Kamus (KBBI) .Jakarta: Depdikbud Perum Balai Pustaka

Universitas Pendidikan Indonesia.(2012). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional UPI Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i2.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License