SIMULASI PEMBELAJARAN CONCURRENCY PADA MATA KULIAH SISTEM OPERASI BERBASIS MULTIMEDIA

Erwin Yulianto, Galih Abdul Fatah Maulani

Abstract


Mata kuliah sistem operasi merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diajarkan kepada mahasiswa yang mengambil jurusan / program studi teknik informatika / sistem informasi / teknologi informasi. Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep sistem operasi, jenis-jenis sistem operasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, layanan-layanan umum yang dimiliki oleh sistem operasi, dan mempelajari teknik dan algoritma yang digunakan dalam penerapan / pengelolaan layanan di sistem operasi. Sistem operasi adalah suatu program yang bertindak sebagai perantara antara user, program aplikasi dan perangkat keras. Beberapa layanan umum yang dimiliki oleh sistem operasi antara lain manajemen penjadwalan proses, manajemen sumber daya (resource), manajemen memori, sistem berkas, manajenen jaringan, manajemen keamanan, manajemen penyimpanan, dan manajemen perangkat masukan-keluaran. Dalam penelitian kali ini, pembahasan akan dikerucutkan ke dalam salah satu layanan Sistem Operasi yaitu manajemen penjadwalan proses. Salah satu materi turunan dari manajemen proses yang sulit untuk dipahami oleh mahasiswa adalah Concurrency. Secara umum concurrency merupakan proses-proses (lebih dari satu proses) yang terjadi pada saat bersamaan. Beberapa algoritma yang digunakan dalam penerapan concurrency pada manajemen proses antara lain Dining Philosophers, Banker Algorithm, Producer-Consumer, dan Readers-Writers. Penjelasan terkait keempat algoritma tersebut membutuhkan logika dan tingkat keseriusan yang tinggi. Sayangnya tidak semua mahasiswa mampu untuk mempertahankan konsentrasinya dalam waktu yang lama untuk mempelajari alur logika dari keempat algoritma tersebut. Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin merancang suatu perangkat lunak yang mampu untuk mensimulasikan keempat algoritma tersebut ke dalam bentuk media pembelajaran berbasis multimedia sehingga diharapkan akan meningkatkan daya tarik dan daya tangkap dari mahasiswa yang mempelajarinya.


Full Text:

PDF

References


Budiman, Willy. 2006. Perangkat Lunak Simulasi Producer-Consumer Problem. Medan: STMIK Mikrosil

Canharta, Victor. 2006. Dining Philosophers Problem Simulation. Medan: STMIK Mikrosil

Febrian, Jack. 2002. Kamus Komputer dan Istilah Teknologi Informasi. Bandung: Informatika

Hofstetter. 2001. Multimedia Literacy. Boston: Irwin/McGraw-Hill

Law, Averill M., Kelton, W. David. 1991. Simulation Modeling & Analysis, Second Edition, McGraw-Hill

Maulani, G. A. F. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Digital Tentang Tata Surya Berbasis Mobile Menggunakan J2ME. JURNAL PETIK, 2(2), 11-16.

Silberschatz, Avi., Galvin, Peter., Gagne., Greg. 2007. Operating System Concepts 8 Ed. John Wiley & Sons, Inc.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Suyanto., M. 2004. Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Yogyakarta: Andi

Tandri, Tomi. 2006. Simulasi Readers And Writers Problem Pada Maskapai Penerbangan Di Bandara. Medan: STMIK Mikrosil

Yulianto, Erwin., Haryana, KM Syarif. 2016. Simulasi Kinematika Interaktif (Studi Kasus: Balai Diklat Metrologi). STMIK Mardira Indonesia, Bandung: Jurnal Computech & Bisnis

Yulianto, Erwin., Ilman. Benie. 2018. Simulasi Manajemen Penempatan Barang Pada Gudang Berbasis 3D Menggunakan Metode Block Stacking. Universitas Langlangbuana, Bandung: Tiarsie

Zhuang, Effendy. 2006. Perangkat Lunak Simulasi Algoritma Banker. Medan: STMIK Mikrosil




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i2.377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License