Penerapan Konten E-learning Berbasis SCORM Untuk Meningkatkan Efektivktas Pembelajaran

Siti Husnul Bariah, Soni Muhamad Sidik

Abstract


E-learning merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang difasilitasi dan didukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pada sebuah pendidikan seperti Sekolah Menengah Atas sangat dibutuhkan untuk membantu guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Beradasrkan pengamat/penelitian sementara yang berkaitan dengan proses pemebelajaran siswa dalam menerima materi masih terfokus pada buku – buku paket yang ada, penerapan teknolgi masih kurang digunakan dalam pembelajaran sehingga terasa kurang efektif dalam penyampaian materi  sehingga siswa merasa jenuh. Oleh sebab itu perlu adanya pembaharuan dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai hal-hal berikut. Transformasi penyajian materi berstandarisasi scorm (Sharable Content Object Refrence Model), dimana guru dapat mengetahui aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam membaca bahan ajar yang disediakan oleh guru dan sejauh mana efektifitas pemeblajaran dapat ditingkatkan dengan pemebelajaran menggunakan e-learning berstandarisasi scorm. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas X 1 Sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kkelas Kontrol. Hasil yang didapat dari penelitian ini, didapat berupa data awal yaitu pretest untuk kelas eksperimen dengan nilai rata – rata adalah 59,5 sedangan kelas kontrol mendapatkan nilai rata – rata 49,1. Setelah diterapkan e-learning berbasi scorm dan setelah mendapat perlakuan untuk kelas eksperimen didapat nilai postes dengan rata – rata 81,8 dengan taraf peningkatan 38% dan kelas kontrol sebesar 62,1 dengan taraf 27%. Dan respon tanggapan siswa begitu baik terhadap penerapan e-learning berbasis scorm ini dengan data yang dibuktikakn dengan diperoleh data bahwa 25 siswa atau 94,29 % siswa Kelas X 1 memberi tanggapan sangat baik dan 2 siswa atau 5,71% memberi tanggapan baik. Kesimpulan bahwa penerpan konten e-learning berbasis scorm dapat meningkatkna efektifitas pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta

Schell, J. 2012. What is A Flipped classroom ?. CADQ Guide The Flipped Classroom dapat diakses melalui www4.ntu.ac.uk/adq/document_uploads/teaching/154084.pdf diakses pada Mei 2019

Hujair AH. Sanaky. Media Pembelajaran. (Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009), Cet. 1, hlm. 3

Munir. 2009 Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: AlfaBeta.

Munir. 2009 Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: AlfaBeta.

Bantala, A. P. (2010). Penerapan Pembelajaran E-learning (Learning Management System) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Diklat Teknik Jaringan Komputer Dasar Di Pppptk Bmti Bandung. Bandung: Tesis Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UPI

Sumarsih. 2009. Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VIII. No.1

Ginan, Abdul M. 2018. WEBBLOG Centric Course Dalam Upaya Meningkatkan Daya Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VIII SMPN 2 Tarogong Garut. Skripsi Institut Pendidikan Indonesia : Tidak Diterbitkan.

Riyana, Cepi. 2017. Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran. dapat diakses melalui www.researchgate.net/publication/242646955_PERANAN_TEKNOLOGI_DALAM_PEMBELAJARAN di akses pada Mei 2019

Rosenberg, Marc. J. 2001. E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies

Edhy Sutanta. 2015. Konsep Dan Implementasi E-Learning. (Studi Kasus Pengembangan E-Learning di SMA N 1 Sentolo Yogyakarta). Bisa diakses melalui www.researchgate.net/publication/228343752_KONSEP_DAN_IMPLEMENTASI_E-LEARNING_Studi_Kasus_Pengembangan_E-Learning_di_SMA_N_1_Sentolo_Yogyakarta diakses pada mei 2019

Wall Street English. 2017. Flipped Classroom, Belajar Bahasa Inggris Jadi Gampang.Wall street English dapat diakses melalui blog.wallstreetenglish.co.id/flipped-classroom-wse/ diakses 15 februari 2019

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualittatis dan R&D). Bandung: Alfabeta

Creswell. John. W. 2010. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Jakarta: Pustaka pelajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Nana Syaodih Sukmadinata (2009). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License