PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL PENDIDIKAN GEOGRAFI

Rika Arliza, Iwan Setiawan, Ahmad Yani

Abstract


Abstract- This research is a type of product development that aims to determine the feasibility of developing
interactive learning media products based on Android. The research method used is the design of the development
model used in this study is the adaptation of the Luther model. The results of this study are: (1) Android-based
interactive learning media applications on national cultural material and global interactions are arranged by
getting input from validators (2) the results of the feasibility of percentage of android-based interactive learning
media by media experts that get percentages: Text aspect 80 %, 80% image aspect, 80% animation aspect, 80%
video aspect, 80% packaging aspect, 80% usage aspect.
Keywords : development, interactive learning media, based on android
Abstrak- Penelitian ini merupakan jenis pengembangan produk yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan
pengembangan produk media pembelajaran interaktif berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan adalah
desain model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi model Luther. Hasil dari
penelitian ini adalah: (1) aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis Android pada materi budaya nasional dan
interaksi global disusun dengan mendapatkan masukan dari validator (2) hasil kelayakan persentase media
pembelajaran interaktif berbasis android dengan media ahli yang mendapatkan persentase: Aspek teks 80%, aspek
gambar 80%, aspek animasi 80%, aspek video 80%, aspek kemasan 80%, aspek penggunaan 80%.
Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran interaktif, berbasis android.


Full Text:

PDF

References


Arthana & Sarasaptiasa. (2014).

Pengembangan Multimedia Tutorial

Editing Video Menggunakan Software

Corel Video Studio Pro X3 Bagi

Mahasiswa Prodi Teknologi

Pendidikan Unesa. Pengembangan

Multimedia Tutorial Editing Video.

Tahun 2014, 1 – 9.

Irawan Indra W. (2014). Penerapan

Pembelajaran Mobile Learning. Online

:

https://wawanindrairawan.wordpress.co

m/2014/07/23/pembelajaran-berbasis-elearning/

Istiyanto, Jazi Eko. (2013).

Pemrograman Smartphone

Menggunakan SDK Android dan

Hacking Android. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Suhirman. (2015). Pemanfaatan

Teknologi Multimedia Dalam

Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam. Madania Vol. 19, No. 2,

Desember 2015

Sutopo Hadi. (2003). Multimedia

Interaktif dan Flash. Yogyakarta :

Graha Ilmu.

Tejo Nurseto. (2011). Membuat Media

Pembelajaran Yang Menarik . Jurnal

Ekonomi & Pendidikan, Volume 8

Nomor 1, April 2011.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License