PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Alifia Nurilmi Diansyah

Abstract


Proses pembelajaran yang kini banyak dilakukan, umumnya kurang mendorong
kemampuan berfikir siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir yang mereka miliki
untuk meningkatkan dan mempercepat proses pembelajaran. Hal ini berpengaruh pada
tingkat pemahaman yang dimiliki setiap siswa. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan sebuah
media pembelajaran yang dapat menggiring siswa untuk lebih aktif dan partisipatif dalam
kegiatan belajar. Salah satu cara meningkatkan kemampuan pemahaman siswa adalah
dengan menerapkan multimedia interaktif model tutorial dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan multimedia interaktif model
tutorial dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam mata pelajaran TIK.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental dengan sampel
penelitian siswa kelas VIII A dan VIII D SMP Negeri 2 Tarogong Kidul dengan desain
Control Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa test (pre-test dan post-test), lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan
multimedia interaktif. Dari hasil penelitian terdapat perbandingan-perbandingan yang
menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman kelas eksperimen lebih baik dibandingkan
dengan peningkatan pemahaman kelas kontrol dengan perbandingan rerata dari kelas
eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,63> 0,32. Berdasarkan analisis pada keseluruhan
tahapan penelitian diperoleh bahwa penerapan multimedia interaktif model tutorial terbukti
efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, selain itu peningkatan hasil belajar siswa
dalam ranah kognitif di kelas eksperimen berada pada kriteria sedang dan lebih besar dari
kelas kontrol dan terdapat perbedaan rerata nilai siswa yang cukup jauh antara
pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif model tutorial dengan pembelajaran
yang menggunakan metode konvensional


Full Text:

PDF

References


Trianto, M.Pd. (2010). Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif-Progresif:

Konsep, Landasan, dan

Implementasinya pada Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Jakarta: Kencana Perdana Media

Group.

El-Faraby, Andi. (2012). Pemahaman

Konsep. [Online]. Tersedia

:http://andinurdiansah.blogspot.com

/2012/05/pemahaman-konsep.html

Desember 2012]

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002).

Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Bandung: Alfabeta.

Ravenilia. (2011). Penggunaan Media

Pembelajaran Multimedia Model

Tutorial Untuk Meningkatkan

Metakognisi Siswa Sekolah

Menengah Pertama (SMP)(Suatu Studi Kuasi Eksperimen

Terhadap Siswa Kelas VIII SMP

Laboratorium UPI,

Bandung)[Skripsi]. Bandung:

Pendidikan Ilmu Komputer

FPMIPA UPI [Tidak Diterbitkan]

Hasim, Sani Wahid. (2009). Studi

Efektivitas Penggunaan Computer

Based Instruction Model Tutorial

Dalam Pembelajaran Keterampilan

Komputer Dan Pengelolaan

Informasi :Studi Kuasi Eksperimen

Di Kelas X Jurusan Kimia Indrustri

Smk Negeri 2 Baleendah. [Skripsi].

Pendidikan Ilmu Komputer

FPMIPA UPI. Bandung: Tidak

Diterbitkan

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran

Peranannya Sangat Penting dalam

Mencapai Tujuan Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License