PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA

Ali Ismail

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan
keterampilan proses sains fisika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Children
Learning In Science (CLIS) berbantuan multimedia pada pokok bahasan fluida. Penelitian
ini menggunakan desain penelitian randomized control group Pretest-Potstest design dengan
sampel eksperimen kelas XI di salah satu SMA di Kabupaten Garut. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penguasaan konsep setelah diterapkan model pembelajaran Children
Learning In Science (CLIS) meningkat secara signifikan dilihat dari nilai gainnya.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain penguasaan konsep 63% untuk
kelas eksperimen dan 52% untuk kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat lebih meningkatkan penguasaan
konsep siswa di bandingkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan multimedia


Full Text:

PDF

References


Dahar, R Wilis. (1989). Teori-teori

Belajar. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas.(2006). Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan Sekolah

Menengah Atas. Jakarta:

Depdiknas.

Driver.R. (1988). “changing conceptions”.

Journal research in education 161-

Rustaman, N dan Rustaman, A. (1997),

Pokok-Pokok Pengajaran Biologi

dan Kurikulum 1994. Jakarta:

Pusbuk Depdikbud.

Wiendartun, Taufik dan Hery (2007).

“Pengaruh Pembelajaran Berbasis

Multimedia Terhadap Hasil Belajar

Fisika” bandung :Proceeding of The

First International Seminar on

Science Education.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License