KONTRIBUSI PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBASIS ARTICULATE ONLINE TERHADAP AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PERAKITAN KOMPUTER

Iman Nasrulloh

Abstract


Penelitian ini berjudul “Kontribusi Penggunaan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis
Articulate Online Terhadap Aktifitas Dan Keterampilan Siswa Dalam Perakitan
Komputer“. Masalah dalam penelitian ini penulis rumuskan sebagai berikut: :”Berapa
besarnya kontribusi penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online
terhadap aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer”. Berdasarkan
rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada/tidaknya
kontribusi penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap
aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer. Dari permasalah yang
diangkat dalam penelitian ini penulis menurunkan hipotesis :” Terdapat kontribusi yang
signifikan dan positif kontribusi penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis
articulate online terhadap aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yakni metode
yang bertujuan untuk menyelidiki variasi yang dimiliki suatu faktor berhubungan dengan
variasi pada faktor – faktor lainnya pada satu kelompok subjek yang didasarkan pada
koefisien korelasi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh dengan angket dan tes
objektif dalam bentuk pilihan ganda dan menjodohkan yang diisi oleh siswa. Penelitian
ini dilakukan di SMK Al-Farizi Kelas X-1 Jurusan TKJ dengan sampel sebanyak satu
kelas. Pengolahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan perhitungan statistik
korelasi product moment dan uji signifikansi korelasi dengan uji-t. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan cara membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf kepercayaan
95% dengan derajat kebebasan (dk) = 36. Berdasarkan hipotesis dan analisis data yang
telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Kontribusi penggunaan model
pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap aktifitas dan keterampilan siswa
dalam perakitan komputer adalah baik sekali, karena skor rata-rata yang diperoleh 63,47
(85%). (2) Keterampilan siswa yang menggunakan model pembelajaran tutorial berbasis
articulate online terhadap aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer di
SMK Al-Farizi adalah baik, skor rata-rata yang diperoleh 18,79 (72%). (3) Kontribusi
penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap aktifitas dan
keterampilan siswa dalam perakitan komputer adalah 42,9%, sisanya sebanyak 57,1%
ditentukan oleh faktor lain. Secara statistik dapat dinyatakan r = 0.67. Hal ini sesuai
dengan uji hipotesis menggunakan uji signifikansi korelasi, karena thitung > ttabel (5,1 >
2,029) maka Ho ditolak dan Hi diterima. Sehingga Terdapat kontribusi yang positif dan
signifikan penggunaan model pembelajaran tutorial berbasis articulate online terhadap
aktifitas dan keterampilan siswa dalam perakitan komputer.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. (2002). Guru Dalam

Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, S. (2005). Dasar – Dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

. (2006). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta

Darmawan, Deni (2012)., Inovasi

Pendidikan: Pendekatan Praktik

Teknologi Multimedia dan

Pembelajaran Online. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Nurgana, E. (1998). Statistika untuk

Penelitian. Bandung: CV. Permai

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi

Pembelajaran Berorintasi Standar

Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Prenada Media

(2009). Perencanaan dan

Desain Sistem Pembelajaran.

Jakarta: Kencana Prenada Media.

Semiawan, C, et all. (1988). Pendekatan

Keterampilan Proses : Bagaimana

Mengaktifkan Siswa dalam Belajar.

Jakarta: PT Gramedia.

Sudjana, N. (1990). Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rosda Karya.

. (1992). Metode Statistik.

Bandung: Tarsito.

(2002). Dasar – Dasar Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru Algensindo.

(2009). Dasar – Dasar Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru Algensindo

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran

dan Pengajaran. Bandung: Pustaka

Bani Quraisy.

Sutikno, S. (2005). Pembelajaran Efektif.

Mataram: NTP Press.

Wahab, A.A. (2007). Metode dan Model –

Model Mengajar. Bandung: Alfabet




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License