Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMK

Ali Ismail, Surya Gumilar

Abstract


Abstract— Pada saat ini kita juga sedang memasuki era informasi. Teknologi dan komunikasi (TIK) yang terus berkembang dan cenderung akan terus mempengaruhi segenap kehidupan manusia. Perkembangan TIK ini memungkinkan dihasilkannnya berbagai multimedia dalam pembelajaran yang dapat memudahkan dan membangkitkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari konsep Fisika. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen (eksperimen semu). Desain eksperimen yang digunakan adalah The randomized Pretest-Posttest control group design. hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat lebih meningkatkan Hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran dengan pembelajaran konvensional. Sedangkan data keterampilan berfikir kritis menunjukan rata-rata gain yang dinormalisasi untuk kelas eksperimen ialah 0,66 dan nilai rata-rata gain yang dinormalisasi untuk kelas kontrol ialah 0,44 dengan kategori sedang.  Perbandingan nilai ini secara langsung menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat lebih efektif meningkatkan keterampilan kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

 

Keywords— Hasil Belajar, Keterampilan berfikir kritis, multimedia interaktif


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A.(2006). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ennis. Robert H. (1996). Developing Mind : Goal for a critical Thinking Curriculum. Arethur L.Costa Editor.

Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education

Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ikhsanuddin. (2007). Pembelajaran Inkuiri Berbasis Teknologi Informasi Untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Topik Hidrolisis Garam. Tesis SPs UPI Bandung : Tidak diterbitkan.

Ismail, A., Suherman, U. and Ramdani, J., 2017. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Garut. Teknologi Pembelajaran, 2(1).

Karyadinata, R. (2006). Aplikasi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SMA. Disertasi SPs UPI. Bandung : Tidak diterbitkan.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : ALFABETA.

Nasrulloh, I. and Ismail, A., 2017. Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal PETIK, 3(1), pp.28-32.

Panggabean, Luhut P. (2001). Statistika Dasar. Bandung: Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.

Selahattin, G. Kocakaya. dan Inan (2006). “the effect of the computer assistedteaching and 7e model of the constructivist learning methods on the achievements and attitudes of high school students”. The Turkish Online Journal of Educational Technology.

Wiendartun, Taufik dan Hery (2007). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika” bandung :Proceeding of The First International Seminar on Science education




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i2.594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License