Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa

Yuniar Purwanti, Munira Habibah Putri, Dian Rahadan

Abstract


Abstrak - Kemampuan siswa untuk memahami dalam mata pelajaran sejarah sangat diperlukan karena siswa perlu membangun pengetahuan baru dari pengalaman dan pengetahuan sebelumnya. Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan video pembelajaran dianggap sesuai untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam Sejarah. Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman siswa tentang mata pelajaran Sejarah setelah menerapkan model AIR dibantu dengan pembelajaran video dan 2) untuk mengetahui apakah peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Sejarah menerapkan UDARA. video pembelajaran model video pembelajaran berbantuan lebih baik dibandingkan dengan yang menerapkan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design yang melibatkan dua kelas Ilmu Sosial di SMAN 6 Garut sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang mata pelajaran sejarah baik di kelas kontrol dengan 25,86 dan di kelas eksperimen dengan 38,47 yang secara statistik berbeda nyata. Pemahaman siswa tentang mata pelajaran Sejarah berdasarkan Uji t menunjukkan bahwa kelas eksperimen meningkat lebih dari kelas kontrol. Pemahaman siswa tentang mata pelajaran sejarah menunjukkan peningkatan dalam menggunakan metode AIR dibantu oleh video pembelajaran dan video pembelajaran. Pemahaman siswa yang meningkat lebih baik pada model AIR yang dibantu dengan video pembelajaran.

Kata kunci: Model Auditory Intellectually Repetition (AIR), video pembelajaran, pemahaman siswa


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo persada, 2004), hal.

Linuwih, S., & Sukwati, N. O. E. Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Pemahaman Siswa pada Konsep Energi Dalam. [Online]. Tersedia: journal.unnes.ac.id/ 2014

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta. (2014).

Sudaryono.. Dasar – Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2012

Munir, Multimedia dan Konsep Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung:Penerbit Alfabeta. 2013

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan.Bandung: Alumni

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan

Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i2.595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License