Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis

bpk sudrajat

Abstract


PTK ini berjudul “Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman  Konsep dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan  Lingkungan dalam Pembelajaran IPA  di Kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis”. Penelitian ini dilakukan, karena masih banyak ditemukan di lapangan terutama di sekolah tempat peneliti bertugas bahwa pembelajaran IPA hanya dilaksanakan dengan melaui metode ceramah dan penugasan saja. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 61,50 atau di bawah nilai KKM. Begitu pun keterampilan proses sains dalam pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode eksperimen atau percobaan dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana tingkat pemahaman konsep siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap  lingkungan setelah melalui metode eksperimen?; (2) bagaimana tingkat keterampilan proses sains siswa setelah diterapkannya metode eksperimen? Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan tiga siklus. Indikator dan pokok bahasan pada setiap siklusnya dikembangkan dan disesuaikan dengan materi IPA kelas VI Sekolah Dasar dengan KTSP 2006. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2016/2017 semester II, yang berjumlah seluruhnya 24 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jurnal Eksperimen, Observasi, Soal Tes Hasil Belajar, dan Angket. Adapun hasil yang diperoleh adalah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan  pemahaman  konsep dan keterampilan proses siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan  lingkungan dalam pembelajaran IPA  di kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 68,13; siklus I pertemuan 2 sebesar 72,29; siklus II pertemuan 1 sebesar 80,21, dan siklus II pertemuan 2 sebesar 85,83. Demikian pula dengan keterampilan proses sains siswa setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan  terutama aspek mengamati.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H. D, dkk.. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

----------------- , (1995). Petunjuk Pelaksanaan Penilaiaan di Sekolah dasar.

Jakarta: Depdikbud.

Ali, M. (1984). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru.

Arikunto, S. (2001). Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). (2006). Kurikulum Tingkat Nasional Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran IPA SD. Jakarta: Depdiknas.

Dahar, R. W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta:Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional, (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Balai Pustaka.

Ibayati, Y.,dkk.(2008).Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI. Jakarta: Depdiknas.

Iskandar, M. S. (1996). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Depdikbud. Dirjendikti.

Lisnawati, L. (2010).Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Topik Energi Bunyi.Tidak diterbitkan.

Nurkancana, W dan Sumartana. (1983). Evaluasi Pendidikan. Surabaya. Usaha Nasional.

Panut, H, dkk. (2004). Dunia Sains. Bandung: Yudistira.

Rustaman, A & Nuryani. (1996). Penilaian Keterampilan Porses IPA di Sekolah Dasar, Depdikbud.

Semiawan, C, dkk. (1985). Perdekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Suhartanti, D. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas VI. Jakarta: Depdiknas

Winataputra, U,S., dkk. (1992). Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Depdikbud.

Wiriaatma Ija, R, (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kasbolah, K.E.S. (1998). Penilitian Tindakan Kelas. Malang: Depdikbud Dirjen Dikti.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i1.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License