EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DIGITAL BOOK INTERACTIVE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH FISIOLOGI HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP GARUT

Hudiana Hernawan

Abstract


Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia salah
satu penyebabnya adalah minimnya sumber bahan ajar yang dapat
dimanfaatkan yang saat ini masih konvensional dan belum dapat
meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa untuk
mempelajarinya. Salah satu alternatif pemecahan masalah ini
adalah dengan diproduksi menjadi Digital Book Interactive.
Produk ini dapat mengintegrasikan antara teknologi komputer
dengan pembelajaran, tidak hanya tekstual tapi juga audiovisual.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan model Digital Book
Interactive yang dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan
desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent control
group pre-test and post-test design, yaitu penelitian yang
dilaksanakan pada dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen yang
menggunakan bahan ajar Fisiologi Hewan dalam bentuk Digital
Book Interactive dan satu kelas kontrol yang menggunakan bahan
ajar Fisiologi Hewan dalam bentuk buku cetak. Instrumen angket
digunakan untuk menjaring data motivasi belajar mahasiswa
sebelum dan setelah mendapatkan pembelajaran. Hasil penelitian
diperoleh, motivasi belajar akhir mahasiswa yang menggunakan
Digital Book Interactive (85,88) nyata lebih besar dibandingkan
dengan mahasiswa yang menggunakan buku cetak (69,08).
Selanjutnya, peningkatan motivasi belajar mahasiswa yang
menggunakan Digital Book Interactive (0,7184) nyata lebih besar
dibandingkan dengan peningkatan motivasi belajar siswa yang
menggunakan buku cetak (0,3576). Kesimpulan dari penelitian ini,
Digital Book Interactive efektif dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa dalam matakuliah Fisiologi Hewan di Program Studi
Pendidikan Biologi STKIP Garut


Full Text:

PDF

References


Buzzetto, et.al., (2007). Reading in A Digital Age: e-Books Are Students

Ready For This Learning Object?. Interdisciplinary Journal of

Knowledge and Learning Objects Volume 3. Editor: Alex

Koohang

Darmawan, Deni (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung : Remaja

Rosdakarya

Dick, W and Carey, L (1990). The Systematic Design of Instruction.

Glenview, Illinois London, England: Scat, Foresman &

Company.

Islam, dkk. (2014). Child Education Through Animation: An

Experimental Study. International Journal of Computer

Graphics & Animation (IJCGA) Vol.4, No.4, October 2014.

Kusuma, A (2011). ”E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa”.

Lentera Pendidikan, Vol. 14, Nomor 1, 2011.

Munir (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi. Bandung: PT.

Alfabeta.

Rohani, Ahmad (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT Rineka

Cipta

Sardiman. A.M. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rajawali Pres

_______________. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rajawali Press

______________. (2014). Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rajawali Pers

Suryabrata , S. (1994). Metodologi Penelitian. PT RajaGrafindo

Persada : Jakarta

Surya, M. (2014). Strategi Kognitif. Garut: STKIP Press.

Wiryokusumo, Iskandar (2002). Pengantar Teknologi Pendidikan.

Matrikulasi Program Pascasarjana Teknologi Pembelajaran

Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Bahan Matrikulasi tidak

diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Teknologi

Pembelajaran Universitas PGRI Surabaya




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Creative Commons License