CD Interkatif Sebagai Media Pembelajaran

Dede Vera Vardian, Heni Wulandari, Arif Yudianto

Abstract


Abstact— This research aims to develop an interactive CD learning media as an interesting learning media for class X in Physical Education, Sports and Health (PJOK).This study also aims to determine the feasibility of an Interactive CD learning media. This research is a development research using Borg and Gall development models, namely (1) Potential and Problems, (2) Data Collection, (3) Product Design, (4) Design Validation, (5) Design Revision, (6) Product Trial , (7) Product Revision, (8) Usage / Field Trial, (9) Product Revision, and (10) Mass Production. The results of the feasibility study of the Interactive Learning Media CD with an average score given by: (1) Material Expert that is 4.3 in the category Very Feasible, (2) Design Expert that is 4.3 in the category Very Feasible, (3) Expert The media are 3.5 with the Eligible category, (4) Limited Class Trial by 6 students, 4 with the Eligible category and (5) Field Trial by 20 students, 4.6 with the Very Eligible category.

 

 

Keywords — Learning Media, Interactive CD

 

Abstrak— Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran CD Interkatif sebagai media pembelajaran yang menarik kelas X di pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahrga, dan Kesehatan (PJOK). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran CD Interkatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Pemakaian / Lapangan, (9) Revisi Produk, dan (10) Produksi Masal. Hasil penelitian uji kelayakan Media Pembelajaran CD Interkatif dengan skor rata-rata yang di diberikan oleh: (1) Ahli Materi yaitu 4,3 dengan kategori Sangat Layak, (2) Ahli Desain yaitu 4,3 dengan kategori Sangat Layak, (3) Ahli Media yaitu 3,5 dengan kategori Layak, (4) Uji Coba Kelas Terbatas oleh 6 siswa yaitu 4 dengan kategori Layak dan (5) Uji Coba Lapangan oleh 20 siswa yaitu 4,6 dengan kategori Sangat Layak.

Kata Kunci — Media Pembelajaran, CD Intektif


Full Text:

PDF

References


Ambarjaya, B. S., Psikologi Pendidikan dan Pengajaran. Yogyakarta: CAPS, 2012.

Peraturan Pemerintah No.29 Tahun 1990, Tentang Pendidikan Menenga Bab 1 Ayat 1 Pasal 3.

Paramitha, S.T., & Anggara, L.E, "Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam," Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, pp. 41-51, 2018.

Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Prastowo, A, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2018.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i1.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License