Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Digital Tentang Tata Surya Berbasis Mobile Menggunakan J2ME

Galih Abdul Fatah Maulani

Abstract


Informasi merupakan suatu kebutuhan bagi
kebanyakan orang saat ini. Informasi mempengaruhi terhadap
cara berfikir orang. Semakin orang dekat dengan sumber
informasi seperti buku, internet dan lain-lain maka semakin
cepat orang tersebut dapat memperoleh pengetahuan baru.
Buku adalah salah satu media yang sangat dibutuhkan dalam
penyebaran informasi. Banyak sekali jenis buku yang
menawarkan beragam informasi yang ditawarkan melalui
konten dari buku tersebut. Ensiklopedia adalah buku yang di
dalamnya terdapat informasi yang terperinci, buku ini tidak
hanya menjelaskan definisi dari kata yang kita cari tetapi
menampilkan gambar-gambar yang mendukung relevansi dari
definisi kata tersebut. Ada beberapa hambatan yang ada pada
ensiklopedia konvensional seperti pencarian kata yang manual
(membuka halaman demi halaman) di dalam Ensiklopedia, hal
ini dapat menjadi hambatan bagi si pembaca. Melihat
permasalahan tersebut, sangat penting adanya pemecahan
masalah atau solusi alternatif sebagai penunjang efektifitas
dan efisiensi pada buku Ensiklopedia ini. Maka dari itu
penulis menganalisis permasalahan tersebut serta mencari
solusinya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah membuat
sebuah aplikasi ensiklopedia digital yang dapat mudah
digunakan serta mudah beradaptasi pada telepon selular yang
mendukung fasilitas JAVA


Full Text:

PDF

References


Admiranto, gunawan. 2009. Menjelajahi Tata Surya.

Yogyakarta: Penerbit KANIKUS.

Budi, dkk. 2007. Pemrograman Berorientasi Obyek dengan

Java Platform Micro Edition (J2ME). Bandung :

Java Competency Center – Institut Teknologi

Bandung.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2001. Kamus

Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Fitri & Sunna. 2011. Buku Pintar Tata Surya. Yogyakarta:

Penerbit Harmoni.

JARDIKNAS. 2007. JENI Pengenalan Pemrograman

JAVA. Jakarta : JARDIKNAS.

Krisna. 2009. Membuat Content Mobile Dengan J2ME.

Jakarta : Penerbit Mitra Wacana Media.

Nugroho, Adi. 2005. Rational Rose untuk Pemodelan

Berorientasi Objek.Bandung : PT. Informatika

Bandung.

Rosa & Shalahudin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa

Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi

Objek). Bandung : Penerbit MODULA.

Taufiq, Andik. 2010. Pemrograman Grafik dengan JAVA.

Bandung : PT.Informatika Bandung.

Widodo, Herawati. 2011. Menggunakan UML. Bandung :

PT Informatika Bandung.

http://id.wikipedia.org [01 Agustus 2016]

http://www.nasa.giv [01 Agustus 2016]




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i2.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License